Parlemen Vietnam Dukung Pengunduran Diri Ketua di Tengah Upaya anti-Suap

Jum'at, 03/05/2024 11:35 WIB

HANOI - Badan legislatif Vietnam pada Kamis menyetujui pengunduran diri ketuanya Vuong Dinh Hue, katanya dalam sebuah pernyataan, pejabat tinggi terbaru yang mengundurkan diri di tengah meningkatnya tindakan keras anti-korupsi oleh Partai Komunis yang berkuasa.

Kepergian Hue, yang telah diumumkan pekan lalu oleh komite pusat partai, membuat Vietnam tidak memiliki pemegang tetap dua dari empat posisi kepemimpinan puncaknya, setelah presiden Vo Van Thuong mengundurkan diri pada akhir Maret. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai stabilitas politik negara tersebut – namun investasi asing belum terkena dampak langsung.

Baik Hue, 67 tahun, dan Thuong, 53 tahun, secara terbuka dituduh melakukan pelanggaran dan kekurangan yang tidak dijelaskan secara spesifik, setelah kasus korupsi menjerat orang-orang terdekat mereka, atau di bawah pengawasan mereka. Pendahulu Thuong juga harus mundur pada pertengahan masa jabatannya tahun lalu. Tak satu pun dari mereka memberikan komentar publik menanggapi tuduhan tersebut.

Pengunduran diri tersebut dikaitkan dengan kampanye anti-penyuapan "tungku yang menyala-nyala", yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh sekretaris jenderal partai tersebut, Nguyen Phu Trong.

Tindakan keras ini semakin intensif dalam dua tahun terakhir, ketika partai tersebut semakin dekat dengan Kongres lima tahunannya dan perombakan posisi puncaknya pada tahun 2026.

Badan legislatif menunjuk wakil Hue, Tran Thanh Man, sebagai pengganti sementara, menurut media pemerintah.

Man, 58 tahun, yang menyandang gelar doktor di bidang ekonomi, juga merupakan anggota Politbiro yang berkuasa, yang kini hanya memiliki 13 dari 18 anggota resminya, menyusul pengunduran dirinya terkait dengan gerakan anti-penyuapan.

Hue disebut-sebut sebagai kandidat yang mungkin untuk posisi sekretaris jenderal partai, jabatan paling berkuasa di Vietnam. Sebagai ketua parlemen, ia adalah salah satu dari empat "pilar" negara, bersama dengan ketua partai, presiden dan perdana menteri.

Majelis Nasional akan mengadakan pertemuan rutin selama sebulan mulai tanggal 20 Mei, dimana mereka dapat menunjuk presiden dan ketua parlemen baru setelah Partai Komunis menunjuk mereka.

Para investor asing, yang sangat bergantung pada Vietnam, menyatakan bahwa stabilitas politik Vietnam merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kondisi tersebut, namun gejolak tersebut tampaknya tidak mengubah suasana hati mereka secara signifikan.

Sebuah survei dari Kamar Dagang Eropa yang dilakukan setelah pengunduran diri presiden pada bulan Maret menemukan bahwa kepercayaan dunia usaha meningkat.

Janji investasi asing sedikit turun pada bulan Maret menjadi $1,9 miliar, menurut kantor statistik Vietnam, namun meningkat lagi pada bulan April menjadi $3,1 miliar, didorong oleh Tiongkok dan Hong Kong.

Dampak dari kekacauan politik tidak bersifat langsung dan mungkin sulit diukur, kata seorang konsultan asing yang berbasis di Vietnam yang menolak disebutkan namanya karena masalah ini sensitif di Vietnam.

Para investor biasanya menyebut prosedur administratif dan reformasi yang lebih lambat sebagai dampak negatif dari gejolak politik dan intensifikasi kampanye anti-korupsi, namun tidak ada yang mempertanyakan cengkeraman kekuasaan partai komunis.

Bagi sebagian investor, pemberantasan korupsi merupakan hal yang positif bagi dunia usaha, meskipun hasil kampanyenya masih belum jelas.
Di beberapa provinsi di Vietnam, hingga 80% warga yang disurvei dalam studi tahun 2023 yang disponsori bersama oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan diterbitkan pada bulan Maret mengatakan bahwa mereka menawarkan suap untuk mengakses layanan kesehatan masyarakat sementara “suap untuk pekerjaan di sektor publik masih umum terjadi. "

TERKINI
Liverpool Umumkan Berpisah dengan Thiago Alcantara Gallagher Tak Tertarik Pindah ke Klub Liga Inggris Akhir Sesi, IHSG Menguat 70 Poin Bikin Jengkel Laporta, Posisi Xavi Terancam