Ribuan Buruh KSPSI Tangerang ke Jakarta

Rabu, 01/05/2024 12:27 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau KSPSI Tangerang, Banten, akan berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan beberapa tuntutan ke pemerintah pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu (1/5).

Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) KSPSI Tangerang Ahmad Supriadi, mengatakan May Day 2024 menjadi momentum pihaknya untuk terus memperjuangkan berbagai hak dan memperjuangkan kesejahteraan buruh yang sampai saat ini masih belum dirasakannya.

Pada aksi memperingati Hari Buruh Internasional tahun ini, KSPSI Tangerang akan bergerak dari Tangerang menuju Patung Kuda, Jakarta, dengan 3.000 massa dari berbagai serikat pekerja yang ada di Tangerang Raya.

“Kami berkumpul di Citra Raya, Cikupa, Kabupaten Tangerang pada pukul 07.30 WIB, dengan massa sekitar 3.000 orang,” katanya, Rabu (1/5).

Pada hari ini mereka akan menyampaikan beberapa turunan, salah satunya mengenai Undang-undang Ciptakerja Nomor 6 Tahun 2023 yang dianggap banyak persoalan dengan tidak memihak kaum buruh.

“Tentu aksi kami ada beberapa tuntutan, salah satunya meminta cabut UU Ciptaker Nomor 6 Tahun 2023, atau minimalnya keluarkan Omnibus Law,” ujarnya.

Tuntutan lainnya berupa pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) 36 Tahun 2002 JO PP 51 Tahun 2023 tentang pengupahan. “Selain itu, kami meminta untuk berlakukan upah sektoral berdasarkan kualifikasi industri nasional,” ucapnya.

Pihaknya juga menyoroti masih banyak perusahaan-perusahaan tertentu yang melakukan praktik Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara masif terhadap aktivis Serikat Pekerja ataupun buruh di Tangerang.

“Dengan dicabutnya UU Ciptaker, maka PHK dapat diminimalisir, karena UU Ciptaker menyebabkan PHK menjadi sesuka pengusaha,” ungkapnya.

Dalam hal ini pihaknya juga akan mengkritisi pemerintah terkait undang-undang atau kebijakan yang tidak berpihak kepada kaum buruh.

Sementara itu Kabag Ops Polresta Tangerang Kompol Kosasih mengatakan telah mengerahkan sekitar 600 personel yang dibagi ke beberapa titik lokasi untuk mengawal para buruh menuju Jakarta pada May Day.

“Fokus pengamanan kita hanya dua lokasi yaitu di pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang karena ada festival memancing dan di Citra Raya, Cikupa, karena adanya aksi buruh yang menuju Jakarta,” katanya.

 

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Thiago Motta Galau, Pindah ke Juventus atau Tetap Bertahan di Bologna Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria`