Hoaks! Laga Semifinal Indonesia Vs Uzbekistan di Piala Asia U23 Diulang Besok

Selasa, 30/04/2024 19:45 WIB

Jurnas.com - Sebuah unggahan di media social TikTok menyebut bahwa pertandingan timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Piala Asia U23 pada Senin (29/4/24) kemarin akan diulang besok, pada Rabu 1 Mei 2024.

Konten yang mengeklaim kemenangan timnas Uzbekistan atas Indonesia di Piala Asia U23 2024 dibatalkan karena terdapat sejumlah kecurangan di laga semi final tersebut, salah satunya diunggah oleh akun ini pada Selasa 30 April 2024.

 “UZBEKISTAN PASRAH !! AFC Temukan KECURANGAN Laga Timnas U23 Vs Uzbekistan Diulang Rabu ~ Harus Itu,” demikian narasi yang dicantumkan dalam video berdurasi 3 menit 52 detik itu.

Pada awal video tersebut, terdapat cuplikan video Presiden AFC, He Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa yang nampak dan terdengar menyampaikan beberapa penggalan kata berbahasa Arab.

Kemudian, terdapat pula beberapa cuplikan pertandingan timnas Uzbekistan dengan Indonesia di Piala Asia U23 2024, yang disertai beberapa pernyataan dari sang narrator video sebagai berikut.  

“Ternyata yang bisa ngalahin timnas Indonesia di Piala Asia U 2023 tahun ini adalah wasit. Itulah kata-kata yang diucapkan Ketua AFC, Salman bin Halifah untuk menggambarkan bobroknya kepemimpinan wasit yang memimpin laga semifinal Piala Asia U 23 antara timnas Indonesia versus Uzbekistan,” ujar narrator dalam video tersebut.

“Pada pertandingan yang penuh dengan kecurangan tersebut, wasit asal China Shen Yinhao dibantu wasit Var asal Thailand Sivakorn Pu-udom berkali-kali bikin keputusan yang sangat fatal untuk kerugian Timnas U23 sehingga pertandingan tersebut sangat layak diulang,” ujar sang narrator.

Sebelumnya, video serupa yang menarasikan pertandingan timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Piala Asia U23  pada Senin (29/4/24) akan diulang besok juga diunggah di Youtube, salah satunya oleh akun ini.

Lantas, benarkah dalam cuplikan kedua video tersebut, Ketua AFC, Salman bin Ebrahim mengatakan perkataan sebagaimana yang diklaim dan dibacakan oleh sang narrator?

Lalu, benarkah kemenangan timnas Uzbekistan atas timnas Indonesia dalam laga semifinal Piala Asia U 23 2024 diulang?

Hasil Verifikasi dan Penjelasan

Untuk memverifikasi kebenaran klaim di atas, khususnya terkait pernyataan Presiden AFC Salman bin Khalifah, tim Jurnas.com memfragmentasi video menjadi gambar dengan menggunakan alat editor foto dan menelusurinya menggunakan Bing Image Match.

Setelah ditelusuri, cuplikan video tersebut merupakan potongan dari video yang diunggah oleh kanal Youtube theafcdotcom berjudul “AFC EXTRA ORDINARY CONGRES 2016” pada 27 September 2016 lalu.

Namun, video tersebut ditambahkan narasi yang keliru atau salah bahwa Presiden AFC Salman bin Khalifah mengkritisi bobrokya kepemimpinan wasit di laga semifinal Piala Asia U 23 2024 antara timnas Indonesia versus Uzbekistan.

Selain itu, ditemukan bahwa narasi yang disebarkan oleh akun Tiktok ini, tidak terkonfirmasi secara resmi. Kendati laga semifinal timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Piala Asia U 23 2024 disebut-sebut diwarnai keputusan kontroversial, namun pertandingan tersebut tidak diulang.

Hingga berita ini dimuat, tidak ditemukan bukti valid yang membenarkan atas narasi yang disebarkan oleh akun tersebut, baik di laman resmi resmi AFC maupun PSSI.

Justru, sejauh ini di laman resmi AFC dan PSSI telah ditampilkan jadwal pertandingan lanjutan antara timnas Uzbekistan Vs Jepang, pada Kamis 03 Mei 2024 mendatang, dalam laga final Piala Asia U23.

Sedangkan timnas Indonesia, sehari sebelumnya, pada 02 Mei 2024 akan bertanding dengan Iraq untuk memperebutkan posisi ketiga di Piala Asia U23 2024 bergulir di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar.

Dengan kata lain, timnas Uzbekistan tetap melaju ke final Piala Asia U23 2024 dan pertandingannya dengan timnas Indonesia pada Senin (29/4/24) tidak diulang. 

TIM CEK FAKTA Jurnas.com

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Thiago Motta Galau, Pindah ke Juventus atau Tetap Bertahan di Bologna Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria`