Pemegang Jaminan Perdagangan Internasional di Indonesia Masih Rendah

Kamis, 06/04/2017 13:01 WIB

Jakarta – Chair Banking Commision International Chambers of Commerce (ICC) Indonesia sekaligus Direktr PT Danamon Indonesia, Tbk Herry Hykmanto menyayangkan hanya 270 orang Indonesia, saat ini yang memiliki sertifikasi internasional di bidang perdagangan.

Jumlah itu, kata Herry, masih kalah jauh dibandingkan negara-negara Asia lainnya, seperti China dan India yang sudah mencapai 7000 orang.

“Menurut data ICC Indonesia terdapat 270 orang Indonesia sebagai pemegang sertifikasi internasional di bidang Trade & Guarantee, yang tersebar di berbagai Bank Devisa. Jumlah ini sangat kurang bila dibandingkan dengan negara lain seperti China dan India yang memiliki lebih dari 700 orang,” kata Herry di Jakarta, Rabu (6/4).

Dengan demikian, penyelenggaraan konferensi Internasional ICC Banking Commission yang digelar untuk pertama kali di Indonesia pada 3 sampai 7 April diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk mendorong lebih banyak lagi pengusaha Indonesia, mendapatkan sertifikasi internasional, sebagai jaminan dan kemudahan dalam bertransaksi antar negara.

Sementara itu, Presiden ICC Indonesia, Ilham Akbar Habibie menyebut pelaku perdagangan internasional di Indonesia dapat mengambil banyak manfaat dari agenda tahunan tersebut. Apalagi, lanjut Ilham, tema ‘Digitalization of trade finance’ merupakan isu penting bagi para pebisnis untuk melakukan penghematan dalam setiap transaksi.

“Digitalisasi dapat mengurangi waktu untuk transaksi. Ada percepatan dan penurunan cos. Prosesnya juga lebih sederhana,” ujar Ilham.

ICC Indonesia merupakan organisasi nirlaba yang fokus memfasilitasi pelaku perdagangan internasional di Indonesia untuk menggunakan rules & standard yang berlaku secara internasional. Sehingga mengurangi potensi kerugian dari resiko bisnis dan timbulnya perselisihan (dispute) dalam transaksi.

Kegiatan ICC Indonesia meliputi program pelatihan, tutorial sertifikasi international trade, penyediaan dan alih bahasa buku pedoman dan program forum diskusi berkala.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya