Jumlah Warga Baru Jerman Capai Rekor Tertinggi

Rabu, 31/05/2023 07:41 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Jumlah orang yang memperoleh kewarganegaraan Jerman tahun lalu meningkat 28 persen. Orang-orang dari Suriah terhitung lebih dari seperempat dari mereka yang dinaturalisasi.

Dikutip dari Al Arabiya, Kantor Statistik Federal menyebutkan bahwa angka awal menunjukkan bahwa sekitar 168.500 orang diberikan kewarganegaraan Jerman pada tahun 2022. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak 2002.

Dari jumlah tersebut, 48.300 atau 29 persen  adalah warga negara Suriah. Itu lebih dari dua kali lipat angka tahun sebelumnya dan tujuh kali lebih tinggi dari tahun 2020, karena semakin banyak orang yang bermigrasi ke Jerman antara 2014 dan 2016 memenuhi persyaratan kewarganegaraan.

Itu termasuk pengetahuan kerja bahasa Jerman dan bukti bahwa mereka dapat menghidupi diri sendiri secara finansial.

Pada prinsipnya, ada persyaratan bagi orang untuk tinggal di Jerman setidaknya selama delapan tahun, meskipun itu tidak berlaku untuk pasangan dan anak. Ini dapat dikurangi menjadi enam tahun untuk orang-orang yang menunjukkan "pencapaian integrasi khusus" seperti pengetahuan bahasa yang sangat baik, prestasi profesional, atau keterlibatan sipil.

Ada 23.100 naturalisasi "awal" tahun lalu, hampir dua kali lipat dari tahun 2021 dan 60 persen di antaranya adalah warga Suriah.

Warga negara Turki adalah kelompok orang terbesar kedua yang memperoleh kewarganegaraan Jerman tahun lalu, 14.200 di antaranya, meningkat 16 persen dibandingkan tahun 2021, dan dengan rata-rata lebih dari 24 tahun tinggal di Jerman.

Kantor statistik mengatakan bahwa 5.600 warga Ukraina memperoleh kewarganegaraan Jerman tahun lalu, hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Mereka telah menghabiskan rata-rata 13,3 tahun di Jerman, dibandingkan dengan 6,4 tahun untuk rekan mereka di Suriah.

Pemerintah liberal sosial Jerman berencana untuk melonggarkan aturan untuk memperoleh kewarganegaraan, mengurangi lima tahun dari delapan jumlah tahun orang seharusnya tinggal di negara itu sebelum mendapatkan paspor Jerman. Orang dengan "pencapaian integrasi khusus" akan memenuhi syarat setelah tiga tahun.

Pemerintah juga berencana mencabut pembatasan memegang kewarganegaraan ganda. Pada prinsipnya, sebagian besar orang dari negara selain anggota Uni Eropa dan Swiss saat ini harus melepaskan kewarganegaraan mereka sebelumnya ketika ingin memperoleh kewarganegaraan Jerman.

Partai oposisi konservatif dan sayap kanan telah menyerang rencana tersebut. Belum jelas kapan parlemen akan mempertimbangkannya.

Jerman memiliki sekitar 84 juta penduduk.

Keyword : JermanSuriah

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya