Jokowi Belum Tahu Gubernur Bali Tolak Kontingen Israel di Acara WBG

Kamis, 06/04/2023 14:07 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui belum menerima laporan terkait penolakan Gubernur Bali, I Wayan Koster terhadap kontingen Israel yang akan bertanding di ANOC World Beach Games (WBG) di Bali, pada 5-12 Agustus 2023.

"Saya belum dapat laporan ya. Saya belum dapat laporan," kata Jokowi usia melakukan penanaman padi di Tuban, Jawa Timur, Kamis (6/4).

Koster sebelumnya menolak kedatangan kontingen Israel dalam acara tersebut. Dia beralasan, penolakan kepada atlet Israel berpatokan pada konstitusi dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

"(Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri, karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel)," ucap Koster di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4).

Alasan ini yang mendasari Wayan Koster menolak kehadiran kontingen Israel.

"Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," tegasnya.

Penolakan serupa sebelumnya sempat dilontarkan Wayan Koster terkait rencana kehadiran tim nasional (timnas) Israel pada Piala Dunia U-20. Hal ini berujung pada keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

TERKINI
KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024