Mantan Presiden Sri Lanka Rajapaksa Kembali ke Negaranya

Sabtu, 03/09/2022 10:59 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden terguling Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa telah kembali ke rumah beberapa minggu setelah melarikan diri dari negara yang dilanda krisis.

Dikutip dari Al Jazeera, Rajapaksa mendarat di ibu kota, Kolombo, dengan penerbangan Singapore Airlines dari Thailand pada dini Sabtu (3/9), kata laporan media setempat.

Mantan pemimpin berusia 73 tahun itu mengundurkan diri pada Juli setelah puluhan ribu pengunjuk rasa yang marah oleh krisis ekonomi yang melemahkan menyerbu kantor dan kediamannya.

Rajapaksa  melarikan diri ke Maladewa pada 9 Juli, pergi ke Singapura dari sana dan menghabiskan beberapa minggu terakhir di Thailand dengan visa diplomatik.

 

Rajapaksa terpilih sebagai presiden pada 2019 oleh mayoritas besar dengan janji untuk mengangkat ekonomi negara dan memperkuat keamanan nasional setelah serangan bom yang diilhami oleh ISIL (ISIS) di gereja dan hotel menewaskan 270 orang pada Minggu Paskah tahun itu.

Namun, kesalahan kebijakan termasuk pemotongan pajak drastis yang mengurangi pendapatan nasional dan menekan peringkat kredit, larangan agrokimia seolah-olah untuk mempromosikan pertanian organik, dan pelepasan mata uang asing yang langka untuk mengendalikan nilai tukar secara artifisial menyebabkan krisis ekonomi terburuk dalam sejarah negara itu. 

Sri Lanka telah menangguhkan pembayaran utang luar negerinya, yang totalnya lebih dari $51 miliar, di mana $28 miliar harus dilunasi pada tahun 2027.

Dana Moneter Internasional mengumumkan pada Kamis kesepakatan awal untuk memperpanjang $ 2,9 miliar ke Sri Lanka selama empat tahun, asalkan ada jaminan dari kreditur negara tentang restrukturisasi pinjaman.

Protes jalanan selama berbulan-bulan telah membubarkan keluarga politik Rajapaksa yang dulu kuat.

Sebelum Rajapaksa mengundurkan diri, kakak laki-lakinya Mahinda Rajapaksa mengundurkan diri sebagai perdana menteri dan tiga anggota keluarga dekat lainnya mundur dari posisi kabinet mereka.

Presiden Ranil Wickremesinghe, yang menggantikan Rajapaksa, telah menindak protes, membantu keluarga Rajapaksa dan pendukungnya yang bersembunyi untuk kembali ke politik publik.

Nuzly Hameem, salah satu pemimpin gerakan protes, mengatakan kembalinya mantan presiden seharusnya tidak menjadi masalah selama ia bertanggung jawab.

"Dia adalah warga negara Sri Lanka sehingga tidak ada yang bisa mencegahnya kembali. Tetapi sebagai seseorang yang menginginkan keadilan untuk sistem yang korup, saya ingin melihat tindakan diambil – harus ada keadilan, mereka harus mengajukan kasus terhadapnya dan meminta pertanggungjawabannya atas apa yang dia lakukan pada negara," ujarnya.

"Kami tidak berharap dia melarikan diri. Kami ingin dia mengundurkan diri. Selama dia tidak melibatkan dirinya dalam politik aktif, itu tidak akan menjadi masalah," kata Hameem.

Sumber: Al Jazeera

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya