California Larang Penjualan Mobil Berbahan Bakar Bensin

Jum'at, 26/08/2022 14:07 WIB

New York, Jurnas.com - Pemerintah California, Amerika Serikat (AS) mengumumkan larangan penjualan kendaraan berbahan bakar bensin, yang akan berlaku efektif pada 2035 mendatang. Ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah mengatasi perubahan iklim.

Dikutip dari BBC pada Jumat (26/8), aturan baru ini bertujuan memaksa produses mobil mempercepat pengenalan kendaraan yang lebih ramah lingkungan ke pasar.

Dikatakan, kebijakan ini diumumkan setelah Gubernur California, Gavin Newsom menetapkan target pada 2020 untuk mempercepat peralihan dari bahan bakar fosil. Langkah ini penting karena California adalah negara bagian terpadat di AS dan salah satu ekonomi terbesar di dunia.

Di bawah aturan yang dikeluarkan oleh California Air Resources Board (CARB), 35 persen kendaraan baru yang dijual di negara bagian itu harus bertenaga listrik, hibrida, atau hidrogen pada tahun 2026.

Secara bertahap, peraturan mengharuskan 68 persen penjualan kendaraan pada tahun 2030 bertenaga listrik, dan 100 persen pada tahun 2035.

"Ini adalah momen bersejarah bagi California, bagi negara-negara mitra kami dan bagi dunia saat kami menetapkan jalan menuju masa depan nol emisi," kata Ketua CARB Laine Randolph.

Dengan lebih dari 39 juta penduduk, California adalah negara bagian AS terbesar berdasarkan populasi. Jika California menjadi negara yang berdiri sendiri, maka negara itu merupakan ekonomi terbesar kelima di dunia berdasarkan produk domestik bruto, menempatkannya di depan Inggris.

Tesla mendukung terobosan kebijakan ini. Namun, Aliansi untuk Inovasi Otomotif yang mewakili sejumlah merek termasuk General Motors, Volkswagen, dan Toyota, menyebut banyak hal harus dilakukan untuk meningkatkan permintaan kendaraan listrik.

"Apa yang kami katakan kepada CARB dan lainnya adalah bahwa mendapatkan lebih banyak kendaraan listrik di jalan, harus berjalan seiring dengan kebijakan lain yang bersama-sama pada akhirnya akan menentukan keberhasilan transisi ini," kata presiden dan kepala eksekutif aliansi John Bozzella.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya