Komisi I DPR: Australia tak Usah Ikut Campur Urusan RI

Senin, 09/01/2017 16:14 WIB

Jakarta - Sejumlah insiden mewarnai hubungan RI-Australia beberapa pekan terakhir. Usai muncul insiden penghinaan terhadap Pancasila, muncul lagi insiden pengibaran bendera Bintang Kejora di kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Australia pada Jumat (06/01) pekan lalu.

Menurut Saiful Bahri Anshori, anggota Komisi I DPR RI, bahwa insiden materi pelatihan yang melecehkan Pancasila dan pengibaran bendera di Konjen RI akan berdampak pada hubungan baik kedua negara bertetangga. Saiful menegaskan bahwa sebagai tetangga, sebaiknya tidak usah lagi mengungkit-ungkit masa lalu atau ikut campur persoalan kenegaraan Indonesia, sebagaimana Indonesia tidak pernah ikut campur soal isu Aborigin di Australia.

"Sebaiknya Australia tidak usah ikut campur urusan dalam negeri Indonesia," ucap Saiful, saat dikonfirmasi melalui telepon di Jakarta pada Senin, (09/01) siang.

Berkaitan dengan insiden yang melibatkan Australia, baik di pangkalan militer Australia maupun di kantor Konjen RI, itu sudah menunjukkan ada muatan yang tidak baik atas tindakan Australia.

"Besok Rabu komisi I akan membahas persoalan tersebut dan kemungkinan semua pihak terkait akan diundang," jelas mantan aktivis PMII itu.

Meski begitu, Komisi I tidak serta merta bisa memanggil Duta Besar Australia untuk Indonesia, misalnya, untuk dimintai keterangan perihal insiden tersebut. Namun Komisi I akan mengagendakan pembahasan perihal hubungan RI-Australia dalam rapat yang diselenggarakan pada Rabu (11/01) besok lusa, yaitu dengan Kementerian Luar Negeri serta Departemen Pertahanan.

Diketahui, Insiden pertama terjadi pada saat Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlatih bersama pasukan Australia. Saat itu, seorang instruktur bahasa dari TNI, Letnan Satu Irwan Maulana Ibrahim, merasa ada materi dalam pelatihan itu yang menghina Indonesia dan merendahkan Pancasila pada Desember tahun 2016 lalu.

Sementara insiden kedua adalah pengibaran bendera Bintang Kejora di Konjen RI pada Jumat (06/01) di Melbourne pekan lalu, yang dikibarkan orang yang diduga warga Australia dengan menerobos dan memanjat ke teras gedung Konjen RI.[]

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya