Tank Rusia Rusak di Ukraina Dipamerkan di Warsawa

Kamis, 07/07/2022 08:15 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Dua kendaraan lapis baja Rusia, babak belur, hangus dan penyok, memberikan pemandangan dramatis bagi pengunjung yang tiba di Castle Square yang bersejarah di Warsawa.

Tank T-72 dan howitzer self-propelled 2S19 hampir bisa disalahartikan sebagai barang museum jika bukan karena lumpur dan rumput yang masih menempel di jalurnya.

Kedua kendaraan itu ditabrak dan kemudian ditangkap oleh tentara Ukraina di dekat Kyiv dan kota utara Kharkiv setelah Rusia menginvasi pada akhir Februari.

Sekarang mereka telah dipamerkan di ibukota Polandia sebagai rampasan perang, di bawah inisiatif bersama dari pemerintah Polandia dan Ukraina berjudul "Untuk Kebebasan Anda dan Kami".

Pesan yang ditampilkan adalah bahwa Ukraina tidak hanya membela kebebasan dan demokrasi di negara mereka sendiri, tetapi juga untuk Eropa secara keseluruhan.

Pada hari musim panas yang sibuk di alun-alun bersejarah, pejalan kaki berpose untuk foto di depan kendaraan lapis baja tetapi yang lain tampak kewalahan.

Warga negara Ukraina Vikka, di kota mengunjungi kerabat, mengusap matanya. "Sulit untuk melihat ini di sini. Tapi ini menjadi saksi atas dukungan yang ditunjukkan Polandia (Ukraina)," katanya kepada AFP.

Pensiunan Warsawa Krzysztof mengamati tank-tank itu, lengannya disilangkan. "Kami memiliki tank Rusia masuk ke Polandia pada tahun 1939," katanya.

"Mereka jelas kurang modern dari ini. Tapi sebaliknya, tidak ada yang berubah ketika menyangkut mentalitas rezim Rusia," sambungnya.

Sasha yang berusia delapan tahun melarikan diri dari Kyiv bersama ibunya Katarina pada awal Maret dan melintasi perbatasan ke Polandia, di antara hampir 4,5 juta orang Ukraina yang melakukannya sejak invasi.

"Tank-tank ini di sini menunjukkan perang itu nyata," kata Sasha kepada AFP.

Ibunya menghela nafas dan berkata, "Dia tahu banyak tentang perang. Dia bermimpi untuk kembali ke Kviv, dan menjadi seorang tentara suatu hari nanti."

Tank akan tetap dipajang di Warsawa selama beberapa bulan ke depan sebelum melakukan perjalanan ke kota selatan Krakow. Kementerian pertahanan Ukraina berencana untuk kemudian memamerkannya di tempat lain di Eropa, termasuk di Madrid dan Lisbon.

Sumber: AFP

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya