AS Klaim Bunuh Senior Kelompok Terkait Al-Qaeda di Suriah

Selasa, 28/06/2022 20:43 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah melakukan serangan di provinsi Idlib Suriah yang menargetkan seorang pemimpin senior kelompok yang bersekutu dengan al-Qaeda.

Dikutip dari Aljazeera, Komando Pusat AS mengatakan dalam sebuah pernyataan, Serangan pada Senin (27/6) menargetkan Abu Hamzah al Yaman, pemimpin senior Hurras al-Din yang bersekutu dengan al-Qaeda, saat bepergian sendirian dengan sepeda motor.

Lebih lanjut menurut pernyataan tersebut, tinjauan awal tidak menunjukkan adanya korban sipil.

"Pemecatan pemimpin senior ini akan mengganggu kemampuan al-Qaeda untuk melakukan serangan terhadap warga AS, mitra kami, dan warga sipil tak berdosa di seluruh dunia," tambah pernyataan itu.

Pertahanan Sipil Suriah, sebuah organisasi kemanusiaan, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa seorang pria tewas tak lama sebelum tengah malam setelah sepeda motornya menjadi sasaran dengan dua roket, menambahkan bahwa mayat itu telah dipindahkan ke departemen forensik di kota Idlib.

Huras al-Din didirikan pada 2018 oleh para pendukung al-Qaeda.

Pada Juni 2020, militer AS membunuh Khaled Aruri, seorang komandan tinggi Yordania bersama Huras al-Din, juga di Idlib. Serangan pesawat tak berawak pada Desember 2019 menewaskan seorang komandan senior Huras al-Din, warga negara Yordania Bilal Khuraisat, juga dikenal sebagai Abu Khadija al-Urduni.

Serangan udara AS yang terpisah di Suriah juga telah membunuh komandan kedua al-Qaeda saat itu, Abu Kheir al-Masri, pada 2017, pemimpin pertama ISIL (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, pada 2019, dan penggantinya, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, pada bulan Februari.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya