KPK Garap Karyawan PT. Pertamina Terkait Korupsi LNG

Kamis, 23/06/2022 17:11 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sejumlah karyawan PT Pertamina (Persero) untuk diperiksa terkait kasus dugaan korupsi pembelian liquefied natural gas (LNG).

Mereka diperiksa sebagai saksi dalam perkara ini. Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

"Pemeriksaan saksi Tindak Pidana Korupsi pengadaan LNG Pertamina 2011-2021," ujar Plt. Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri, Kamis (23/6).

Mereka yang diperiksa ialah Farizka Ariesta, Rosalinda Sri Widyastuty, Dendy Romulo Ritonga, Rina Kartika Sari, dan Didik Sasongko Widi. Belum diketahui materi apa yang hendak digali tim penyidik KPK lewat pemeriksaan tersebut.

KPK juga memanggil tiga saksi lain yakni pensiunan PT Pertamina, Trisno Wibowo; mantan Legal Counsel PT Pertamina, Ni Wayan Desi Aryanti; dan Karyawan PT Perta Arun Gas, Toufiq Pelita Buana.

KPK telah menetapkan tersangka dalam kasus ini, tetapi belum mengumumkannya ke publik. Hal itu sebagaimana kebijakan pimpinan era Firli Bahuri Cs yang baru memberi informasi detail terkait kasus bersamaan dengan upaya paksa penangkapan ataupun penahanan tersangka.

Dalam prosesnya, KPK telah menggeledah kantor pusat PT Pertamina dan rumah kediaman para pihak yang terkait dengan perkara.

"Kemarin juga termasuk ada pertanyaan terkait geledah. Memang benar, kemudian kami juga melakukan upaya penggeledahan di beberapa lokasi yang teman-teman sudah tahu saya kira," ucap Ali.

"Sejauh ini kami mendapatkan beberapa dokumen terkait dengan perkara ini yang terus kami lakukan analisis, kami verifikasi, dan kemudian jika berkaitan, tentu pasti kami lakukan penyitaan sebagai barang bukti," ujarnya.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya