Cak Nun Bukber Bersama PDIP: Gelorakan Budaya, Agama, dan Seni

Minggu, 10/04/2022 19:45 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Cendikiawan dan Budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun hadir dalam buka puasa bersama (Bukber) yang digelar DPP PDI Perjuangan (PDIP) di Masjid At-Taufiq dan Sekolah Partai, Lentengagung, Jakarta Selatan, Minggu (10/4/2022).

Buka puasa dirangkai ngaji sinau bareng Cak Nun dan Kanjeng Sunan itu, juga dihadiri sejumlah petinggi DPP PDIP yang disaksikan langsung Ketua Umum Megawati Soekarnoputri secara virtual.

Mereka tiba di Sekolah Politik PDI Perjuangan tiba sekitar pukul 17.40 WIB. Cak Nun tiba mengenakan kemeja berwarna abu-abu dan rompi hitam. Celana putih dan masker dengan warna yang sama menutupi wajah Cak Nun.

Cak Nun diajak menuju meja utama. Di sana tampak Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua DPP Hamka Haq, dan Ketua Fraksi PDIP di DPR RI Utut Adianto menyambut intelek kelahiran Jombang itu.

Hamka Haq mengatakan acara seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Sama seperti tahun sebelumnya, acara buka bersama ini diselingi pergelaran seni, budaya, dan kajian Islam.

"Perlu saya garis bawahi bahwa seni itu merupakan salah satu sendi kehidupan manusia, di samping sendi agama, sendi ilmu. Agama dan ilmu pengetahuan tanpa seni budaya akan berantakan, agama akan menjadi alat pemukul sesama manusia kalau tidak ada budaya," kata Hamka.

Hamka juga mengutip pernyataan Bung Karno yang menyebut Ketuhanan Yang Maha Esa adalah ketuhanan yang berkebudayaan, ketuhanan yang berkeadaban.

"Artinya kebudayaan, ketuhanan yang diresapi dengan perasaan kemanusiaan terhadap sesama manusia. Hari ini, nanti malam kita akan menyaksikan bagaimana pargelaran seni dengan religi membawa kita kepada suasana kedamaian," jelas Hamka.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kegiatan diisi dengan hadrah melantukan Salawat Nabi.

"Rangkaian acara dimulai pukul 15.00. Qari internasional juga dihadirkan dalam acara ini," kata Hasto.

TERKINI
KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024