Rusia Makin Garang, Menlu AS Temui NATO dan Sekutu

Kamis, 03/03/2022 04:28 WIB

New York, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, melakukan perjalanan ke Eropa untuk berkonsultasi dengan sekutu NATO dan mitra Eropa lainnya, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Dikutip dari The Hill pada Kamis (3/3), Blinken akan berkunjung ke Belgia, Polandia, Moldowa, dan negara-negara Baltik mulai dari Latvia, Lithuania, dan Estonia yang seluruhnya bakal ditempuh hingga 8 Maret mendatang.

Dalam sambutannya pada Rabu (2/3), Blinken mengatakan bahwa krisis yang terjadi di Ukraina akan berdampak pada stabilitas Eropa dan seluruh tatanan dunia.

"Perang ini milik Presiden Putin, bukan milik rakyat Rusia," tegas Blinken dikutip dari BBC.

"Pesanku kepada rakyat Rusia, jika mereka mampu mendengarkan suara hati, kami tahu banyak di antara kalian yang tidak ingin mengambil bagian dalam perang ini," lanjut Blinken.

Diketahui, perang antara Rusia dan Ukraina telah memasuki hari ketujuh. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda kedua belah pihak akan menyepakati perdamaian.

AS dan sekutu terus menggempur Rusia dengan gelombang sanksi. Di saat bersamaan, Barat juga memperkuat Ukraina dengan persenjataan dan kemampuan pertahanan.

TERKINI
PPP Siap Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran Alasan Dede Yusuf Tak Ikut Pilkada Serentak 2024 KPK Fasilitasi BPK Periksa SYL Terkait Permintaan Auditor Rp12 Miliar Datangi Mabes Polri, Massa Dukung Kapolri Sikat Preman Suruhan PT SKB