China Buka Lalu Lintas Kereta Barang dengan Korea Utara

Selasa, 18/01/2022 06:33 WIB

BEIJING, Jurnas.com - China mengatakan telah memulihkan lalu lintas barang kereta api dengan Korea Utara yang telah ditangguhkan karena kekhawatiran pandemi. Hal itu dikorfirmasi Kementerian Luar Negeri China pada Senin (17/1).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan koneksi di seberang Sungai Yalu antara Dandong China dan Sinuiju di Korea Utara telah dipulihkan setelah konsultasi persahabatan antara kedua belah pihak.

Zhao mengatakan, perdagangan normal akan dipertahankan sementara kontrol pandemi tetap berlaku. Ia tidak memberikan rincian lainnya mengenail hal itu.

Sudah di bawah sanksi PBB dan Amerika Serikat (AS), Korea Utara telah menutup perbatasannya untuk mencegah infeksi COVID-19 menempatkan sistem perawatan kesehatannya yang rapuh di bawah tekanan lebih lanjut.

Dengan sedikit informasi yang keluar dari negara komunis garis keras itu, tidak jelas seberapa besar penderitaannya akibat pandemi.

China tetap menjadi sekutu utama dan sumber bantuan ekonomi Korea Utara, meskipun menandatangani sanksi yang dijatuhkan atas program nuklir dan rudal Pyongyang.

Korea Utara menembakkan dua rudal balistik yang dicurigai ke laut pada Senin dalam peluncuran senjata keempatnya bulan ini, tampaknya untuk menunjukkan kekuatan militernya di tengah jeda diplomasi dengan AS dan penutupan perbatasan akibat pandemi.

Zhao tidak menanggapi secara langsung pertanyaan tentang peluncuran itu, tetapi mengatakan China meminta semua pihak mengingat situasi perdamaian dan stabilitas secara keseluruhan di semenanjung dan bekerja sama memajukan penyelesaian politik pada masalah semenanjung itu.

Sumber: AP

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya