Jerman akan Perketat Pembatasan COVID-19 Jelang Tahun Baru

Rabu, 22/12/2021 06:45 WIB

BERLIN, Jurnas.com - Kanselir Olaf Scholz pada Selasa mengatakan, Jerman akan memberlakukan langkah-langkah baru untuk mengekang penyebaran COVID-19 sebelum Malam Tahun Baru, termasuk membatasi pertemuan pribadi untuk orang yang divaksinasi hingga maksimum 10 orang.

Scholz juga setuju dengan perdana menteri dari 16 negara bagian Jerman untuk menutup klub dan diskotik dan hanya mengizinkan acara besar, termasuk pertandingan sepak bola, tanpa penonton.

"Kita tidak bisa dan tidak boleh menutup mata terhadap gelombang berikutnya," kata Scholz kepada wartawan setelah pembicaraan, dikutip dari Reuters, Rabu (22/12).

"Corona tidak akan mengambil istirahat Natal," katanya, menambahkan hanya beberapa minggu sebelum varian Omicron menjadi dominan di Jerman.

Jerman juga akan meningkatkan kampanye vaksinasi booster. Sekitar 70,4 persen dari populasi Jerman yang berjumlah sekitar 83 juta telah divaksinasi lengkap dengan 32,6 persen telah menerima suntikan booster.

Institut Robert Koch (RKI) untuk penyakit menular telah merekomendasikan tindakan yang lebih ketat, termasuk memperkenalkan "pembatasan kontak maksimum" segera dan membatasi perjalanan untuk apa yang benar-benar diperlukan.

Kota Hamburg telah memberlakukan pembatasan mulai 24 Desember. Restoran dan bar harus tutup sebelum pukul 11 malam. Jam malam akan dimulai pukul 01:00 untuk Malam Tahun Baru.

RKI melaporkan 23.428 infeksi baru pada hari Selasa, dan 462 kematian, menjadikan total Jerman menjadi 108.814. Tingkat insiden tujuh hari - jumlah orang per 100.000 yang terinfeksi selama seminggu terakhir - turun menjadi 306,4 dari 316 hari sebelumnya.

Para ahli juga telah memperingatkan bahwa varian Omicron dapat menyebabkan gangguan pada layanan darurat serta pasokan listrik dan air. Rumah sakit bisa menghadapi pukulan ganda dari gelombang pasien yang sakit parah dan kekurangan staf yang besar karena infeksi terobosan di antara dokter dan perawat.

Scholz akan bertemu perdana menteri negara bagian lagi pada 7 Januari untuk membahas situasi COVID-19.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya