Bantah Keterangan Saksi, Azis Syamsuddin Tantang Bersumpah Mubahalah

Senin, 13/12/2021 17:57 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin membantah keterangan dari Agus Susanto yang bersaksi dalam sidang kasus dugann suap penanganan perkara di Lampung Tengah.

"Saya dari keterangan saksi, saya keberatan dengan keterangan yang diberikan oleh saksi!" kata Azis dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin, (13/12).

Azis menilai apa yang disampaikan Agus adalah kesaksian yang keliru. Bahkan, ia menyebut keterangan Agus ngaco. Azis menantang Agus untuk bersumpah mubahalah bersamanya.

"Ada beberapa yang saya akui bahwa dia mengantar ke Brebes benar, tapi keterangan yang lainnya saya mengajak dia bersumpah secara mubahalah kepada saya," tegas Azis.

Azis juga meragukan keterangan Agus yang mengaku pernah bertemu dengannya di rumahnya pada 6 April 2020. Di mana, dalam kesaksian Agus, Azis sudah menunggunya di depan teras rumah.

Azis mengeklaim tidak pernah bertemu dengan Agus pada waktu tersebut. "Saya mau dicatat karena saya yakin saya tidak pernah bertemu saudara! Mohon dicatat!" ujar Azis.

Namun, Agus menegaskan kesaksiannya benar. Agus mengaku mengetahui Azis menunggunya saat mengantar mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju ke rumahnya.

"Saya berani bersumpah karena dasar perintah Pak Robin bahwa pak Azis menunggu," ujar Agus.

Azis ngotot tidak pernah bertemu dengan Agus. Azis juga ngotot mengajak Agus bersumpah mubahalah untuk jaminan kesaksiannya.

"Karena ini mempertaruhkan anak dan istri saya saudara saksi!" tutur Azis.

Diketahui, Azis didakwa menyuap mantan Penyidik KPK, Stepanus Robin sebesar Rp3,09 miliar dan USD36 ribu. Jika diakumulasikan, total suap Azis ke Stepanus Robin sekitar Rp3,6 miliar.

Jaksa menyebut Azis memberikan uang itu agar Stepanus Robin membantu pengurusan perkara dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Lampung Tengah tahun anggaran 2017. Kasus itu juga melibatkan orang kepercayaan Azis, Aliza Gunado.

TERKINI
Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh