PM Israel Naftali Bennett Tiba di Uni Emirat Arab

Senin, 13/12/2021 07:13 WIB

ABU DHABI, Jurnas.com - Perdana Menteri IsraelNaftali Bennett tiba di Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu (12/12) untuk kunjungan resmi pertama perdana menteri negara Yahudi itu, setelah negara-negara tersebut menjalin hubungan diplomatik tahun lalu.

Menurut kantor PM Israel, Bennett diterima di Abu Dhabi oleh Menteri Luar Negeri UEA, Abdullah bin Zayed Al-Nahyan dan seorang pengawal kehormatan.

"Saya sangat senang berada di sini, sebagai kunjungan resmi pertama seorang pemimpin Israel di sini. Kami menantikan untuk memperkuat hubungan," kata Bennett, dikutip dari AFP.

Bennett pada Senin bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan untuk membahas memperdalam hubungan antara Israel dan UEA, terutama masalah ekonomi dan regional.

Tidak ada komentar langsung dari UEA tentang kunjungan yang disebut Bennett sebagai "bersejarah".

 

Dalam video yang dikeluarkan sebelumnya, Bennett mengatakan hubungan antara kedua negara sangat baik dan luas. "kita harus terus memelihara dan memperkuat mereka, dan membangun perdamaian yang hangat di antara rakyat," ujar dia.

Tahun lalu, UEA menjadi negara Arab ketiga yang menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Israel setelah Mesir dan Yordania. Bahrain dan Maroko kemudian menyusul sebagai bagian dari rangkaian kesepakatan yang ditengahi Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Sudan juga setuju untuk menormalkan hubungan dengan Israel di bawah Kesepakatan Abraham, tetapi hubungan penuh belum terwujud.

Perjanjian tersebut dinegosiasikan Benjamin Netanyahu, yang mengatakan akan menawarkan Israel sekutu regional baru melawan Iran dan meningkatkan upaya diplomatiknya untuk menghentikan Teheran memperoleh senjata nuklir.

Iran dan kekuatan dunia telah memulai kembali negosiasi pada kesepakatan nuklir 2015 yang menawarkan keringanan sanksi Iran dengan imbalan pembatasan program nuklirnya, yang menurut Teheran bersifat sipil.

Trump secara sepihak menarik AS dari kesepakatan nuklir pada 2018 dan meningkatkan sanksi terhadap Iran.

Pembicaraan di Wina sekarang bertujuan untuk membawa AS kembali ke dalam kesepakatan dan mengembalikan Iran untuk sepenuhnya mematuhi komitmennya.

Bennett telah menyerukan agar pembicaraan Wina dihentikan, menuduh Teheran melakukan "pemerasan nuklir" dan menuduh bahwa ia akan menggunakan pendapatan apa pun dari keringanan sanksi untuk meningkatkan persenjataan militer yang dapat membahayakan Israel.

Penasihat keamanan nasional UEA Sheikh Tahnoun bin Zayed Al-Nahyan awal bulan ini mengunjungi Teheran, di mana ia bertemu dengan Presiden ultrakonservatif Iran Ebrahim Raisi.

Perjalanan itu adalah yang pertama dari jenisnya sejak hubungan antara kedua negara diturunkan pada 2016.

Kunjungan Bennett di Abu Dhabi mengikuti perjalanan ke Washington oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz, yang telah berulang kali menekankan bahwa opsi militer harus siap jika negosiasi dengan Iran gagal.

Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid berada di London dan Paris bulan lalu, di mana ia menyerukan sanksi yang lebih ketat terhadap Teheran.

Sejak Perjanjian Abraham ditandatangani, Israel dan UEA telah menandatangani serangkaian kesepakatan kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Warga Palestina mengecam keras Perjanjian Abraham karena mereka melanggar konsensus Liga Arab selama beberapa dekade yang menentang pengakuan Israel sampai perjanjian itu menandatangani perdamaian untuk mendirikan negara Palestina dengan ibu kota di Yerusalem timur.

UEA sebagian besar tetap dalam solidaritas dengan Palestina dan memusuhi Israel, membuat hubungan UEA dengan negara Yahudi menjadi lebih terpisah di dalam negeri setelah kesibukan awal publisitas.

Tidak ada pengumuman resmi tentang kunjungan Bennett yang dipublikasikan dan media lokal belum meliputnya.

Sementara Bennett adalah perdana menteri Israel pertama yang mengunjungi UEA, Lapid melakukan kunjungan penting di sana pada bulan Juni, membuka kedutaan di Abu Dhabi dan konsulat di Dubai, sementara UEA membuka kedutaan di Tel Aviv pada bulan Juli.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya