Miliarder China Dituduh Terlibat Skandal PBB

Rabu, 23/11/2016 19:04 WIB

New York - Kejaksaan Amerika Serikat akan membawa dakwaan baru yang ditujukan kepada miliarder asal Makau atas tuduhan skema pemberian suap ratusan ribu dolar Amerika pada mantan Ketua Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa.

Melalui pengadilan federal Manhattan,  sasarannya kepada pengembang real estate asal China, Ng Lap Seng dan asistennya, Jeff Yin dengan tudingan melanggar UU praktik korupsi luar negeri. Jaksa juga menambahkan dakwaan terkait pajak pada Yin.

Dalam tuntutan disebutkan,  miliarder itu mengambil langkah-langkah untuk menghindari pembayaran pajak pendapatan dan membantu seorang diplomat dari Republik Dominika untuk terlibat di dalam skema merahasiakan sebagian pendapatannya dari otoritas pajak AS.

Dan jaksa mengungkapkan nama lain dari Ng yang mereka katakan merupakan pendiri dari pengembang real estate yang berbasis di Makau Sun Kian Ip Group yang dikenal dengan nama "Boss Wu".

Para penasihat hukum Ng dan Yin tolak berkomentar. Kedua orang tersebut, sebelumnya telah membantah melakukan kesalahan dan mengaku tidak bersalah atas tuduhan penyuapan dan pencucian uang.

Ng yang pernah dikaitkan dengan penyelidikan penggalangan dana kampanye selama pemerintahan mantan Presiden Amerika Serikat,  Bill Clinton, adalah satu dari tujuh orang yang didakwa karena terkait dengan penyelidikan PBB sejak Oktober 2015.

Dilansir Reuters, Jaksa menuduh Ng dan Yin membayar suap lebih dari 500 ribu dolar AS untuk mantan duta besar PBB dari Antigua dan Barbuda John Ashe yang menjabat sebagai Ketua Majelis Umum pada 2013 sampai 2014. Ashe meninggal pada bulan Juni saat menunggu jadwal persidangan.

Keyword : Tuntutan Miliarder

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya