Joe Biden akan Sampaikan Kabar Baik Soal Iklim

Selasa, 21/09/2021 08:26 WIB

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden diperkirakan akan mengumumkan "kabar baik" untuk mengatasi kekurangan dana iklim global senilai US$100 miliar.

Biden, yang akan menyampaikan pidato pertamanya kepada badan dunia itu sebagai pemimpin AS pada Selasa (21/9), diwakili oleh utusan iklimnya John Kerry pada pertemuan yang diadakan oleh Inggris dan Sekjen PBB Antonio Guterres.

Menjelang kesepakatan Paris, negara-negara maju berjanji untuk memobilisasi US$100 miliar per tahun mulai tahun 2020 untuk mendukung negara-negara miskin dengan adaptasi iklim, tetapi saat ini ada kekurangan sekitar US$20 miliar.

"Kami memang mendengar dari perwakilan AS di ruangan itu bahwa beberapa kabar baik sudah dekat," kata pejabat PBB itu, menambahkan bahwa ada pandangan dan sinyal yang sangat positif datang dari perwakilan AS.

"Kami tidak memiliki rinciannya, tentu saja, tetapi mudah-mudahan ini akan membantu memberikan kejelasan tentang bagaimana AS bermaksud untuk meningkatkan dukungan mobilisasi US$100 miliar."

Pengumuman itu adalah sepotong harapan di bidang iklim menyusul banyak laporan ilmiah baru-baru ini yang melukiskan gambaran suram tentang masa depan planet ini, karena pencemar utama dunia terus memuntahkan gas rumah kaca pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, yang menjadi tuan rumah bersama pertemuan itu, membawa para pemimpin ke tugas atas kegagalan mereka menaati janji mereka untuk dana tersebut, yang dimaksudkan untuk memberikan US$100 miliar setiap tahun dari 2020 hingga 2025.

"Semua orang mengangguk dan kita semua setuju bahwa `sesuatu harus dilakukan,`" kata Johnson, yang negaranya akan menjadi tuan rumah KTT iklim COP26 yang sangat penting di Glasgow pada November.

"Namun saya akui saya semakin frustrasi karena sesuatu yang banyak dari Anda telah lakukan tidak cukup," tambahnya, dalam sambutan yang dibagikan oleh kantornya.

Pekan lalu, OECD mengkonfirmasi bahwa hanya US$79,6 miliar yang dimobilisasi pada 2019.

"Kami mendengar dari beberapa negara industri ... tanda-tanda kemajuan yang samar," kata Johnson kepada wartawan setelah pertemuan, menyebutkan Swedia dan Denmark.

Kedua negara telah mengumumkan bahwa mereka akan mengalokasikan 50 persen atau lebih dari pendanaan iklim mereka untuk adaptasi di negara berkembang, tujuan utama PBB lainnya.

"Mari kita lihat apa yang akan dikatakan presiden Amerika Serikat besok," tambahnya, mengisyaratkan berita yang akan datang.

Inggris pada bagiannya menyuarakan janji pendanaan iklim senilai US$15 miliar selama lima tahun ke depan, dan mengumumkan pada Senin bahwa US$750 juta dari jumlah itu akan dialokasikan untuk mendukung negara berkembang memenuhi target nol bersih dan mengakhiri penggunaan batu bara.

"Kami adalah orang yang menciptakan masalah - revolusi industri kurang lebih dimulai di negara kami," kata Johnson.

"Jadi tentu saja saya memahami perasaan ketidakadilan di negara berkembang ... Tapi saya katakan kepada mereka, itu sebabnya kami harus mendapatkan dana untuk membantu Anda membuat kemajuan yang Anda butuhkan."

Pertemuan itu terjadi beberapa hari setelah Guterres memperingatkan dunia berada di jalur "bencana" menuju pemanasan 2,7 derajat Celcius, setelah laporan mengejutkan terbaru oleh para ilmuwan PBB diluncurkan pekan lalu.

Angka tersebut akan menghancurkan target suhu kesepakatan iklim Paris, yang bertujuan untuk pemanasan jauh di bawah 2 derajat Celcius dan sebaiknya dibatasi pada 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Guterres mengatakan kepada wartawan bahwa dia menyebut konferensi dengan Johnson sebagai "panggilan untuk membangunkan rasa urgensi pada keadaan mengerikan dari proses iklim menjelang COP26".

Sementara mengakui negara berkembang perlu memimpin, Guterres juga meminta beberapa negara berkembang untuk berusaha lebih keras. Ini berarti negara-negara seperti Cina, India, Brasil, Rusia, Indonesia, dan Afrika Selatan.

Perjanjian Paris menyerukan emisi nol bersih pada tahun 2050, dengan pengurangan yang kuat pada tahun 2030, untuk memenuhi tujuan 1,5C.

Dengan pemanasan hanya 1,1 derajat Celcius sejauh ini, dunia telah menyaksikan semburan bencana cuaca mematikan yang diperparah perubahan iklim dalam beberapa bulan terakhir, dari gelombang panas yang mencairkan aspal hingga banjir bandang dan kebakaran hutan yang tidak dapat dijinakkan. (AFP)

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya