https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Kabar Baik! Vaksin Corona AstraZeneca Hasilkan Antibodi pada Lansia

Supianto | Selasa, 27/10/2020 07:32 WIB

AstraZeneca, yang sedang mengembangkan vaksin COVID-19 bersama University of Oxford, juga menyampaikan bahwa respons merugikan vaksin terhadap para lansia juga lebih rendah. Ilustrasi vaksin (foto: google)

London, Jurnas.com - Raksasa farmasi Inggris, AstraZenenca mengatakan, vaksin virus corona baru (COVID-19) yang sedang dikembangkan di Inggris menghasilkan respons kekebalan pada lanjut usia (lansia) dan anak-anak.

AstraZeneca, yang sedang mengembangkan vaksin COVID-19 bersama University of Oxford, juga menyampaikan bahwa respons merugikan vaksin terhadap para lansia juga lebih rendah.

Kabar ini meningkatkan harapan akan penemuan vaksin COVID-19, yang telah menginfeksi lebih dari 43 juta orang di seluruh dunia dan menewaskan sedikitnya 1,15 juta orang.

Baca juga :
Jepang Batalkan Sepertiga dari Pembelian Vaksin AstraZeneca

"Sangat menggembirakan melihat tanggapan imunogenisitas serupa antara antara lansia dan anak-anak dan bahwa reaktogenisitas lebih rendah pada lansia, di mana tingkat keparahan penyakit COVID-19 lebih tinggi," kata juru bicara AstraZeneca pada Senin (26/10).

"Hasil lebih lanjut membangun bukti untuk keamanan dan imunogenisitas AZD1222," kata juru bicara itu, mengacu pada nama teknis vaksin.

Baca juga :
Vaksin Penguat AstraZeneca Diklaim Hasilkan Antibodi Lebih Tinggi terhadap Omicron

AstraZeneca tidak memberikan rincian data di balik pernyataan tersebut atau mengatakan kapan akan mempublikasikan data uji coba tahap ketiga, yang akan menunjukkan apakah vaksin tersebut bekerja cukup baik dalam uji coba skala besar untuk disetujui.

Vaksin Oxford / AstraZeneca diharapkan menjadi salah satu yang pertama dari farmasi besar yang mendapatkan persetujuan peraturan, bersama dengan calon Pfizer dan BioNTech, saat dunia mencoba untuk merencanakan jalan keluar dari pandemi COVID-19.

Baca juga :
Studi Tunjukkan Vaksin Booster AstraZeneca Bekerja Lawan Omicron

Kabar bahwa lansia mendapat tanggapan kekebalan dari vaksin itu positif karena sistem kekebalan melemah seiring bertambahnya usia. Lansia merupakan orang yang paling berisiko meninggal akibat COVID-19.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock mengatakan vaksin belum siap, tetapi sedang mempersiapkan logistik untuk kemungkinan peluncuran sebagian besar pada paruh pertama 2021.

Ditanya apakah beberapa orang dapat menerima vaksin tahun ini, Hancock mengatakan kepada BBC, "Saya tidak mengesampingkan itu tetapi itu bukan harapan utama saya. Program ini berjalan dengan baik, tetapi kami belum sampai di sana."

Dilansir dari Aljazeera, pekerjaan vaksin Oxford dimulai pada bulan Januari. Disebut AZD1222 atau ChAdOx1 nCoV-19, vaksin vektor virus dibuat dari versi yang dilemahkan dari virus flu biasa yang menyebabkan infeksi pada simpanse.

Virus flu simpanse diubah secara genetik untuk memasukkan urutan genetik dari apa yang disebut protein lonjakan yang digunakan virus corona untuk masuk ke sel manusia. Harapannya, tubuh manusia kemudian akan menyerang novel Coronavirus jika melihatnya.

(Supianto)
KEYWORD :

AstraZeneca Vaksin Oxford Vakisn Virus Corona Imun Lansia