https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Melalui Program Desa Berinovasi Kementerian Desa, Dusun Tumba Rasakan Internet dan Listrik

Untung Prasetyo | Minggu, 09/08/2020 21:23 WIB

Harapannya, listrik yang sudah ada tidak hanya mampu mengaliri listrik pokok, namun mampu menggerakkan potensi usaha lainnya. Suasana di Dusun Tumba

Gorontalo,Jurnas.com - Menuju 75 tahun Indonesia Merdeka, 128 Kepala Keluarga di Dusun Tumba, Desa Tamaila Utara, kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo akhirnya bisa menikmati jaringan internet dan aliran listrik.

Dusun Tumba mendapat aliran listrik yang optimal karena adanya program #desaberinovasi yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai Mitra Perguruan Tinggi Untuk Desa (Pertides).

Keduanya bersinergi dengan baik dalam melakukan inovasi Teknologi Tepat Guna Desa berupa pembangkit listrik "Pycohydro" yang mana melalui program ini juga, skalanya akan dinaikkan menjadi "Microhydro" bersama sentuhan teknologi dan inovasi Kemenristek BRIN.

Baca juga :
Mendes PDTT: Tugas Pendamping Desa Berat, Perlu Kenaikan SBM

Harapannya, listrik yang sudah ada tidak hanya mampu mengaliri listrik pokok, namun mampu menggerakkan potensi usaha lainnya.

Peresmian Program Desa Berinovasi akan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma`ruf Amin.

Baca juga :
Gus Halim: Keseimbangan Rasio PLD dan Desa untuk Efektifitas Pendampingan Desa

Peresmian program Desa Berinovasi ini akan dilakukan secara virtual, pada Senin (10/8/2020), yang juga bertepatan dengan hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Sementara itu, adanya jaringan internet di dusun Tumba merupakan permintaan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar kepada Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI).

Baca juga :
Usulkan Dana Desa Naik Jadi Rp5 Miliar, Gus Muhaimin: Desa Subjek Pembangunan

Bukhari Boroma selaku kepala desa Tamaila Utara mengaku sangat bersyukur dengan dipasangnya jaringan internet di dusun Tumba.

“Warga dusun Tumba sangat senang sekali. Karena selama ini di dusun Tumba, jangankan pakai WiFi, Internet pakai data saja tidak bisa,” ujarnya

Mewakili masyarakat desa Tamaila Utara, khususnya dusun Tumba, Bukhari menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat kepada dusun Tumba.

“Tentu tidak lupa kami dari masyarakat mengucapkan terima kasih atas bantuan berupa internet dari BAKTI melalui Menteri Desa,” tambahnya

Pada program Desa Berinovasi, Kemendes PDTT sebagai leading sector mengembangkan potensi desa secara ekonomi akan fokus pada pemberdayaan potensi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

(Untung Prasetyo)
KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Kemendes PDTT Desa Berinovasi Dusun Tumba