https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Aung San Suu Kyi Umumkan Kembali Tarung untuk Periode Kedua

Supianto | Selasa, 04/08/2020 19:32 WIB

Pengumumam maju kembali dipandang sebagai ujian bagi reformasi demokratis sementara negara Asia Tenggara itu. Aung San Suu Kyi mengambil kendali pada tahun 2016 setelah pemilihan umum, tetapi dipaksa untuk berbagi kekuasaan dengan para jenderal. (AFP)

Yangon, Jurnas.com - Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi secara resmi menyatakan niatnya mencalonkan kembali untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan pada November, Selasa (4/8).

Setelah puluhan tahun berkuasa di militer, Suu Kyi, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian karena berkampanye untuk demokrasi, mengambil kendali pada tahun 2016 setelah pemilihan umum yang gagal, tetapi terpaksa berbagi kekuasaan dengan para jenderal.

Reputasi politik internasionalnya merosot karena perlakuan Myanmar terhadap Muslim Rohingya. Di luar, citranya tidak dihargai karena diduga terlibat dalam kekejaman terhadap minoritas. Namun demikian, dia tetap populer di dalam negeri.

Baca juga :
PBB Desak Junta Myanmar Izin Bantuan Topan Mocha

Pada Selasa (4/8), Suu Kyi, 75, melambaikan tangan kepada kerumunan sekitar 50 pendukung di pinggiran bekas ibu kota Yangon untuk mengajukan aplikasi untuk mencalonkan diri sebagai kandidat.

Beberapa pendukungnya mengenakan topeng wajah berwarna merah yang menunjukkan dukungan mereka untuk partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) dan berteriak: "Bunda Suu, sehatlah."

Baca juga :
Korban Tewas Topan Mocha di Myanmar Tembus 145 Orang

Pada 2017, tindakan keras pimpinan militer di Myanmar mengakibatkan lebih dari 730.000 Rohingya melarikan diri melintasi perbatasan ke Bangladesh, tempat mereka berlindung di kamp-kamp pengungsi. Penyelidik PBB menyimpulkan bahwa kampanye militer telah dieksekusi dengan niat genosidal.

Pada Januari, Suu Kyi mengakui bahwa kejahatan perang mungkin dilakukan terhadap Rohingya, tetapi membantah genosida. Ia mengatakan para pengungsi telah melebih-lebihkan sejauh mana pelanggaran terhadap mereka.

Baca juga :
Militer Myanmar Impor Persenjataan Senilai Rp 14,8 Triliun Sejak kudeta

Mayoritas Muslim Gambia telah mengajukan gugatan pada bulan November di Pengadilan Internasional yang menuduh Myanmar melakukan genosida berkelanjutan terhadap Rohingya.

Myanmar telah mengajukan laporan tentang kepatuhannya terhadap langkah-langkah untuk melindungi Rohingya, tetapi rincian dokumen tersebut belum dipublikasikan.

Di sisi domestik, pemerintahan Suu Kyi telah goyah pembicaraan damai dengan kelompok-kelompok bersenjata etnis di berbagai bagian negara, sementara ekonomi yang kesulitan menghadapi tekanan baru dari pandemi coronavirus.

Partai Solidaritas dan Pembangunan Union, yang didominasi oleh militer dan pensiunan pegawai negeri, akan menjadi lawan utama NLD.

(Supianto)
KEYWORD :

Aung San Suu Kyi Myanmar Muslim Rohingya