https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Gerakan Maskerisasi Desa Wujudkan Desa Aman Covid-19

| Selasa, 04/08/2020 12:30 WIB

gerakan  maskerisasi ini merupakan langkah dari pemerintah untuk mewujudkan desa aman dari virus Covid-19. Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, secara virtual melakukan Prescon Terkait Padat Karya Tunai Desa untuk pemberdayaan Ekonomi kalibata, Selasa 28/07/2020 foto : Angga/KemendesPDTT

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong gerakan maskerisasi di desa sebagai salah satu upaya penanganan pandemi Covid-19 di desa.

Menurut Mendes PDTT, Agus Halim Iskandar, gerakan  maskerisasi ini merupakan langkah dari pemerintah untuk mewujudkan desa aman dari virus Covid-19.

"Kalau dulu kita memakai istilah desa tanggap Covid-19, sekarang kita fokus pada desa aman covid-19, salah satunya dengan pengadaan masker di desa," kata Agus Halim dalam konferensi pers lewat virtual, Selasa (04/08).

Baca juga :
Gus Halim Dapat Gelar Sutan Khalifah dari Warga Minangkabau

Untuk pengadaan masker, lanjut Agus, setiap desa bisa menggunakan sebagian dan desa untuk memproduksi massal masker, juga bisa dari dana hasil gotong-royong masyarakat mampu di desa.

"Nah minggu-minggu ini full fokus pada pengadaan masker oleh masing-masing desa, baik pengadaannya mengambil dari dana desa atau pun mendorong masyarakat menengah ke atas untuk urunan menyediakan masker. Kalau bisa bikin sebanyak-banyaknya makser," lanjut Gus Menteri.

Baca juga :
Gus Muhaimin : Kian Banyak Dana Desa, Kemakmuran Kian Cepat Terwujud

Sementara untuk pembagian masker, tambah Agus, difokuskan untuk masyarakat miskin, kelompok pengangguran dan kelompok marginal lainnya dengan sistem door to door (rumah ke rumah).

"Masker yang sudah diproduksi dibagikan secara door to door oleh ibu-ibu PKK, ini sesuai dengan arahan bapak Presiden kepada Menteri Dalam Negeri, dan Ketua Tim Penggerak PKK," tambahnya. 

Baca juga :
E-Katalog Bikin BUM Desa Makin Berdaya
()
KEYWORD :

Maskerisasi Desa Kemendes PDTT Pandemi Covid-19