https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Ketua DPR: Negara Tidak Maju Jika Perempuan Tertinggal

Marlen Sitompul | Senin, 09/03/2020 23:19 WIB

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengatakan negara tidak mungkin sejahtera dan maju jika para perempuannya tertinggal. Ketua DPR, Puan Maharani didampingi Ketua Komisi III DPR Herman Herry

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengatakan negara tidak mungkin sejahtera dan maju jika para perempuannya tertinggal. Karena itu, pemberdayaan perempuan harus terus menjadi agenda kerja bersama seluruh pihak, melalui gotong royong Pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan pemangku kepentingan lainnya.

Mengutip pernyataan Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno, Puan menggambarkan peran laki-laki dan perempuan seperti dua sayap seekor burung. Jika masing-masing sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai puncak setinggi-tingginya. Jika salah satu sayapnya patah, maka tak dapatlah terbang burung itu.

“Saya menyakini bahwa inti dari permbangunan kesetaraan dan keadilan gender, bukanlah meneguhkan siapa yang mendominasi dan didominasi. Melainkan menemukan koridor untuk saling berbagi secara adil dalam segala aktivitas kehidupan tanpa membedakan jenis kelaminnya. Inilah semangat yang harus kita tanamkan bersama dalam membangun dunia dimana perempuan dan laki-laki dalam harkat, martabat, kemajuan dan kesejahteraan yang sama,” kata Puan dalam peringatan Hari Perempuan Sedunia, Minggu (8/3/2020).

Baca juga :
DPR Akan Evaluasi Pelaksanaan Haji 2023, Ada Apa?

Puan menambahkan, saat ini perempuan telah banyak aktif dan mengambil peran yang strategis dalam setiap kegiatan pembangunan di segala bidang: ekonomi, sosial, lingkungan hidup, olahraga, ilmu pengetahuan, riset, dan lain-lain. “Saya selalu mengingatkan kepada semua pihak agar menyertakan perempuan dalam seluruh proses pembangunan. Namun partisipasi perempuan itu bukan sekadar kebijakan afirmatif, akan tetapi merupakan kesadaran atas penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia,” kata Puan.

Menurutnya, tanpa kesadaran akan penghargaan harkat dan martabatnya sebagai manusia maka perempuan akan terus menghadapi berbagai kendala yang dapat berasal dari kehidupan sosial, budaya, ekonomi, maupun politik. Oleh karena itulah, Puan menilai masih diperlukan berbagai upaya edukasi, sosialisasi, advokasi, dan memfasilitasi berbagai program dalam rangka memperkuat peran perempuan secara konsisten.

Baca juga :
Pertemuan Puan-Anies Pesan Kuat Perbedaan Politik Bisa Dipertemukan Demi Kepentingan Bangsa

“Sebagai Ketua DPR saya menekankan beberapa agenda yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam upaya meningkatkan kesetaraan gender, antara lain adalah meningkatkan pemahaman dan perspektif perempuan bahwa perempuan dapat berperan di berbagai sektor,” tegas mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu.

Selanjutnya, masih kata Puan, dengan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya peran perempuan dalam pembangunan, penguatan regulasi nasional untuk menjamin peran perempuan. Serta, membangun kerjasama antar berbagai kelompok dan negara untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi peran perempuan.

Baca juga :
Overcapacity Tenda Jemaah Haji, Pemerintah Akui Tidak Mendapatkan Tambahan Maktab

Politisi PDI-Perjuangan itu juga berpesan, untuk menghadapi tantangan masa depan, perempuan juga harus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, serta harus semakin mampu mengorganisir, dan menghasilkan kepemimpinan perempuan yang inspiratif. “Saya percaya, negara tidak mungkin sejahtera dan maju jika para perempuannya tertinggal,” tutup Puan.

(Marlen Sitompul)
KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Puan Maharani