https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Mendag Agus Ajak Masyarakat Belanja Produk Lokal

Supianto | Sabtu, 07/12/2019 15:45 WIB

Konsumsi masyarakat terhadap produk dalam negeri dapat memberikan efek domino bagi penguatan pasar dalam negeri. Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto saat menggelar Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri yang berlangsung di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12).

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan pegawai Kemendag berbelanja produk-produk buatan Indonesia.

Ajakan ini disampaikan melalui "Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri" yang berlangsung di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12).

Menurut Agus, konsumsi masyarakat terhadap produk dalam negeri dapat memberikan efek domino bagi penguatan pasar dalam negeri, meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat, dan menjamin pendapatan pekerja lokal.

Baca juga :
Ganjar Pranowo Ingin Belanja Produk Lokal Terus Ditingkatkan

"Untuk itu, saya mengajak Seluruh masyarakat Indonesia berbelanja produk-produk dalam negeri," ujar Agus saat membuka acara tersebut.

Kemendag terus menggencarkan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri baik secara luring maupun daring. Kali ini acqra tersebut digelar Kemendag bekerja sama dengan PT Jakarta Realty selaku pengelola Thamrin City.

Baca juga :
Beri Ruang UMKM, LKPP Bekukan 11.688 Produk Impor

Thamrin City merupakan pusat belanja yang konsisten dan menjual produk-produk UMKM nusantara. Thamrin City juga dikenal sebagai salah satu destinasi pusat perbelanjaan produk UMKM dari segala penjuru Indonesia.

Ada sekitar 1000 pedagang berjualan di sana. Produk- produk dagangannya seperti batik, tenun, fesyen, busana muslim, dan lain sebagainya.

Baca juga :
11 Tahun PMB Berikan Keceriaan Anak-Anak Indonesia

Agus juga menyampaikan, produk Indonesia mampu bersaing dengan produk luar. Menurutnya, produk buatan Indonesia memiliki karakteristik tersendiri. Selain memiliki kualitas yang baik, produk Indonesia itu unik dan harganya terjangkau.

"Tingginya minat berbelanja produk lokal juga dapat meningkatkan citra dan daya saing produk Indonesia di pasar dalam negeri di tengah keterbukaan pasar global," tegas Agus.

Selain itu, lanjut Agus, produk-produk dalam negeri, khususnya UMKM kini semakin keren dan menawarkan berbagai keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut, antara lain memiliki material berkualitas dan pengerjaan yang baik, desain yang unik dan beragam, serta harga yang cenderung lebih terjangkau.

"Produk UMKM juga memiliki konsep kearifan lokal dari masing-masing daerah di Indonesia," kata Agus.

Turut hadir dalam acara ini Komisaris Utama PT Jakarta Realty Ongky Sukasah, Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, Ketua Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, serta Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) A. Stefanus Ridwan.

(Supianto)
KEYWORD :

Produk Lokal Agus Sumarmanto