https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Air Terjun Victoria Mengering, Perubahan Iklim?

| Sabtu, 07/12/2019 13:04 WIB

Air Terjun Victoria biasanya hanya melambat selama musim kemarau, tapi tahun ini telah membawa penurunan ketinggian air yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kondisi Air Terjun Victoria, kiri Januari 2019, kanan Desember 2019 (Foto: Reuters)

Zambia, Jurnas.com - Selama beberapa dekade, Air Terjun Victoria setinggi 100 meter di Zambezi, Afrika Selatan menjadi daya tarik jutaan wisatawan yang berkunjung ke Zimbabwe dan Zambia, karena pemandangannya yang menakjubkan.

Namun kekeringan terburuk telah menyebabkan air terjun tersebut perlahan mengering, memicu kekhawatiran bahwa perubahan iklim dapat membunuh salah satu tempat wisata terbesar di kawasan itu.

Dikutip dari Reuters, Air Terjun Victoria biasanya hanya melambat selama musim kemarau, tapi tahun ini telah membawa penurunan ketinggian air yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga :
Tolak Ekspor Pasir Laut, Wakil Ketua MPR : Merusak Lingkungan
"Pada tahun-tahun sebelumnya, ketika sudah kering, tidak sampai sejauh ini. Ini pengalaman pertama kami melihatnya seperti ini," Dominic Nyambe, seorang penjual kerajinan tangan berusia 30-an di Livingstone, Sisi Zambia.

"Ini memengaruhi kami, karena pengunjung dapat melihat di Internet (bahwa penurunannya rendah). Kami tidak memiliki begitu banyak turis."

Baca juga :
Studi: Melindungi Harimau Secara Tidak Langsung Mengurangi Emisi Karbon
Ketika para pemimpin dunia berkumpul di Madrid untuk KTT Perubahan Iklim (COP25), untuk membahas cara-cara untuk menghentikan pemanasan bencana yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca, Afrika Selatan justru sudah menderita beberapa efek terburuknya.

Keran-keran air mengering. Sementara 45 juta orang membutuhkan bantuan makanan di tengah kegagalan panen.

Baca juga :
Kementan Serius Hadapi Perubahan Iklim yang Ekstrim
Zimbabwe dan Zambia mengalami pemadaman listrik karena sangat bergantung pada tenaga air dari pembangkit di Bendungan Kariba, yang berada di sungai Zambezi di hulu air terjun.

Data dari Otoritas Sungai Zambezi menunjukkan aliran air pada titik terendah sejak 1995, dan jauh di bawah rata-rata jangka panjang. Presiden Zambia Edgar Lungu menyebutnya "pengingat yang jelas tentang apa yang dilakukan perubahan iklim terhadap lingkungan kita".

Namun para ilmuwan berhati-hati dalam menyalahkan perubahan iklim. Sebab selalu ada variasi di setiap musim.

Harald Kling, ahli hidrologi di perusahaan teknik Poyry dan seorang ahli sungai Zambezi, mengatakan ilmu iklim menangani beberapa dekade, bukan tahun-tahun tertentu, "jadi kadang-kadang sulit untuk mengatakan ini karena perubahan iklim karena kekeringan selalu terjadi".

"Jika lebih sering, maka Anda dapat mulai berkata, oke, ini mungkin perubahan iklim," tambahnya.

()
KEYWORD :

Air Terjun Victoria Perubahan Iklim Pemanasan Global