https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Dibuang Prancis, Benzema Ingin Gabung ke Timnas Aljazair

| Minggu, 17/11/2019 08:40 WIB

Benzema merasa kesal dengan keputusan Perancis yang membuang dirinya di saat lagi bersinar di Real Madrid Pelatih timnas Prancis bersama Karim Benzema (foto: Marca)

Jakarta, Jurnas.com - Setelah mendapat respon keras dari Federasi Sepak Bola Prancis presiden Noel Le Graet, Karim Benzema dikabarkan membuka kemungkinan bermain sepak bola internasional dengan Aljazair.

Dilansir Marca, penampilan Benzema saat ini bersama Real Madrid kembali membuka perdebatan bahwa ia harus dimasukkan dalam timnas Prancis arahan Didier Deschamps.

Ketika Graet menyarankan agar Benzema mengakhiri karir sepakbola dengan Prancis, penyerang Real Madrid itu malah ingin membuktikan dirinya masih layak berlaga di lapangan hijau.

Baca juga :
Benzema Absen jelang Madrid kontra Girona

"Jika Anda pikir saya sudah selesai, biarkan saya bermain dengan salah satu negara lain yang berhak saya ikuti dan kita akan lihat nanti," katanya.

Jelas merujuk ke Aljazair, negara kelahiran orang tuanya, tetapi bisakah Benzema benar-benar bermain untuk negara lain?

Baca juga :
Cedera, Alasan Alaba dan Benzema Diganti di Laga Kontra Chelsea

Pada prinsipnya tidak mungkin berdasarkan Statuta FIFA sebagaimana diuraikan dalam Pasal 18 yang menyatakan bahwa "setiap pemain yang telah berpartisipasi dalam pertandingan (baik secara penuh atau sebagian) dalam kompetisi resmi kategori apa pun atau jenis sepak bola apa pun untuk satu asosiasi mungkin tidak bermain dalam pertandingan internasional untuk tim perwakilan dari asosiasi lain."

Selain itu, Benzema tidak memiliki kewarganegaraan dua - Aljazair dan Prancis - karena di negara kelahirannya, ia hanya dapat memiliki satu paspor, seperti halnya di Amerika Serikat, tetapi berbeda dengan di Spanyol.

Baca juga :
Madrid Bikin Barcelona Nyungsep, Benzema Hattrick Lagi

FIFA menguraikan kemungkinan seorang pemain mengubah kesetiaan nasional seperti dalam Pasal 18.2 yang menyatakan, "jika seorang pemain yang telah diturunkan oleh asosiasinya dalam pertandingan internasional sesuai dengan pasal 5 par. 2 secara permanen kehilangan kewarganegaraan dari negara itu tanpa persetujuannya atau bertentangan dengan kehendaknya karena keputusan oleh otoritas pemerintah, ia dapat meminta izin untuk bermain untuk asosiasi lain yang kewarganegaraannya telah atau telah diperolehnya. "

Dengan demikian akan menjadi rumit bagi Benzema yang juga harus mengubah paspor dan kewarganegaraannya. Itu juga tidak hanya bergantung pada pemain karena harus menunggu pemerintah Prancis yang memutuskan untuk mengambil kewarganegaraannya.

Benzema kemudian harus pergi ke FIFA untuk mendapatkan persetujuan bermain untuk negara lain.

"Setiap pemain yang memiliki hak untuk mengubah asosiasi sesuai dengan par. 1 dan 2 di atas harus mengajukan permintaan tertulis dan kuat ke sekretariat umum FIFA," Pasal 15 ayat 3 menyatakan.

"Komite Status Pemain akan memutuskan permintaan. Prosedurnya akan sesuai dengan Aturan yang Mengatur Prosedur Komite Status Pemain dan Ruang Penyelesaian Sengketa. Setelah pemain mengajukan permintaannya, dia tidak berhak bermain. untuk tim perwakilan mana pun hingga permintaannya diproses. "

Komentar Graet telah membuat Benzema kesal dan dia ingin mengajukan keluhan ke FIFA karena dia yakin itu bukan keputusan presiden FFF untuk memutuskan masa depan internasionalnya.

Dan jika dia tidak lagi bisa mewakili negaranya, maka bukankah benar dia bisa dibebaskan untuk bermain untuk negara lain?

Benzema mengakui cintanya pada Aljazair selama Piala Afrika 2019 dan banyak orang di Prancis menuntut agar dia kembali ke Les Bleus.



()
KEYWORD :

Karim Benzema Timnas Perancis Aljazair