https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Jubeir: Iran Gempur Kilang Minyak Arab Saudi

Supianto | Senin, 23/09/2019 06:46 WIB

Tembakan pesawat tak berawak menghantam dua infrastruktur kilang minyak Aramco di utara Arab Saudi dalam serangan yang diklaim pemberontak Houthi di Yaman.  Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al Jubeir (Foto: AFP)

Riyadh, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir, memastikan dan meminta pertanggung jawaban Iran atas serangan kilang minyak Arab Saudi Aramco pada 14 September 2019.

"Kami yakin rudal yang menargetkan Aramco datang dari utara, bukan Yaman. Arab Saudi sedang berusaha menemukan titik di mana rudal ditembakkan," kataJubeir dalam konferensi pers.

Jubeir menyatakan serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi Aramco dilakukan dengan senjata Iran. "Itu sebabnya kami meminta Teheran bertanggung jawab atas serangan itu," katanya.

Baca juga :
Indonesia-Iran Jalin Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Tembakan pesawat tak berawak menghantam dua infrastruktur kilang minyak Aramco di utara Arab Saudi dalam serangan yang diklaim pemberontak Houthi di Yaman. 

Sejak 2015, koalisi pimpinan Saudi telah memerangi pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman. Ribuan orang tewas dan negara itu Yaman berada pada ambang kelaparan.

Baca juga :
Pimpinan MPR bertemu Presiden Iran, Syarief Hasan : Perkuat Kerjasama Kedua Negara

Dalam beberapa bulan terakhir, kelompok Houthi, yang rudal balistiknya kerap dicegat oleh sistem pertahanan udara Saudi, telah menargetkan bagian strategis tertentu di wilayah Arab Saudi dengan drone bersenjata.

Baca juga :
Harga Minyak Naik, Dipicu Kekhawatiran Pengetatan Pasokan
(Supianto)
KEYWORD :

Arab Saudi Adel al-Jubeir Kilang Minyak Iran