https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Pacu Ekspor, Kementan Perkenalkan Layanan SARITA

Supianto | Rabu, 21/08/2019 10:20 WIB

Kementan memperkenalkan layanan Sistem Agribisnis Tanaman Pangan (SARITA) sebagai jembatan petani menuju pasar ekspor.  Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri Agro Expo di Soropadan, Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (4/7).

Jakarta, Jurnas.com  - Kementerian Pertanian (Kementan) terus memanjakan pelaku usaha, termasuk dengan pelayanan online untuk terus memacu ekspor berbagai produk pertanian.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan memperkenalkan layanan Sistem Agribisnis Tanaman Pangan (SARITA) sebagai jembatan petani menuju pasar ekspor. 

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi menyampaikan layanan online ini difasilitasi lengkap berbagai fitur untuk persyaratan ekspor. Dengan adanya aplikasi ini, eksportir dan pedagang yang selama ini kesulitan mencari barang di petani menjadi lebih mudah.  Aplikasi ini juga bisa menjembatani petani dan produsen benih.

Baca juga :
MER-C: Hari Nakba Harus Jadi Jadi Libur Nasional

"Kami beri akses layanan online kepada petani. Kontak personal eksportir dan pedagang. Sudah kami data, sehingga petani tidak lagi kesulitan kemana mencari eksportir,” kata Suwandi di Jakarta, Rabu (21/8).

Selain layanan online, pemerintah juga akan mendorong konsep warehouse yang saat ini telah dimulai dari Sidoarjo Jawa Timur. Warehouse ini memiliki kapasitas simpan delapan ribu ton.

Baca juga :
Ridwan Kamil Meninjau Rencana Jalan Tambang di Bogor Barat

"Produk-produk pangan dari sentra di Jawa Timur sudah rapih dengan pengemasan, nanti didistribusikan ke seluruh supermarket di Indonesia juga ekspor,” ujarnya.

Jaringan warehouse tersebut menurut Suwandi, memiliki outlet pangan di beberapa negara seperti Singapura, Hongkong, China, Jepang, dan lainnya. Dengan demikian, pelaku usaha dari negara lain tidak lagi perlu ke Indonesia, karena outlet produk pertanian Indonesia sudah ada di negara mereka.

Baca juga :
Terpilih Aklamasi, Oktolin Hutagalung Kembali Jabat Ketua DPC Peradi Jakarta Selatan

Bukan hanya Jatim, pihak swasta akan membangun warehouse di sentra lainnya. Sudah direncanakan akan dibangun di wilayah Belawan, Batam, Makassar, Banjarmasin, Semarang dan Jakarta.

Suwandi mengakui, untuk mendorong ekspor memang Indonesia harus memiliki beberapa pergudangan dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Dengan kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, diharapkan dapat menjaga sistem distribusi berjalan dengan baik.

"Jadi tugas Kementan membina petani dan produknya di sentra pertanian. Supaya menghasilkan produk yang bermutu dan berdaya saing,” tegasnya.  

Untuk maksud tersebut Suwandi mengungkapkan, pihaknya bersama seluruh produsen pangan baik jagung, kedelai, padi, ubi kayu dan lain telah membahas sistem perdagangan, regulasinya, kelembagaan tata kelola dan lainnya.

Saat ini produk pangan yang banyak peminatnya di pasar luar negeri adalah beras organik. Beras organik Indonesia kini sudah menembus pasar Amerika, Argentina, Peru dan Chili.

Berdasarkan catatan Kementan, rekomendasi ekspor beras tertentu meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2017, telah mengeluarkan permohonan ekspor sebanyak 13 rekomendasi dengan volume ekspor 473 ton ke Australia, Amerika Serikat, Belgia, Italia, Jerman dan Singapura.

Selanjutnya pada 2018 permohonan ekspor meningkat sebanyak 59 rekomendasi dengan volume 1.134 ton ke Australia, Israel, Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, Turki, Singapura, Hongkong, dan Italia.  Sampai awal Agustus 2019, sebanyak 33 rekomendasi ekspor dengan volume 227 ton telah dikeluarkan Kementan.

(Supianto)
KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Layanan SARITA