https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Keluarga Serahkan Arsip Soeharto ke ANRI

| Kamis, 18/07/2019 22:18 WIB

Arsip tersebut diserahkan oleh Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut kepada Plt. Kepala ANRI, Sumrahyadi. Penyerahan arsip Presiden Soeharto kepada Plt Kepala ANRI

Jakarta, Jurnas.com – Keluarga Presiden ke-2 Soeharto menyerahkan arsip statis tentang sang presiden kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), pada Kamis (18/7). Arsip tersebut diserahkan oleh Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut kepada Plt. Kepala ANRI, Sumrahyadi.

Khazanah arsip yang diserahkan terdiri dari 19 roll mikro film berisi pidato Presiden Soeharto, 10 roll mikro film pidato Ibu Tien Soeharto beserta naskahnya, 10 roll mikro film kumpulan risalah sidang kabinet periode tahun 1967-1998 dan proklamasi integrasi Balibo 1976 beserta daftarnya, satu album foto yang terdiri dari 91 lembar foto yang merekam kegiatan Presiden Soeharto berikut CD-nya.

Selain menyerahkan arsip ke ANRI, pihak keluarga juga meminjamkan satu unit alat baca mikro film yaitu microreader kepada ANRI.

Baca juga :
Demonstrasi Cara Mahasiswa Mendidik Penguasa yang Pro Oligarki

Sumrahyadi menyampaikan, khazanah arsip yang diserahkan pihak keluarga Presiden Soeharto dapat menjadi bagian dari arsip kepresidenan. Arsip kepresidenan nantinya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk mengenal dan mengetahui sosok dan kebijakan para Presiden Indonesia dari masa ke masa.

“ANRI mengucapkan terima kasih atas penyerahan arsip ini. Semoga arsip tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Sumrahyadi.

Baca juga :
Gandeng ANRI, Kemendes PDTT Sosialisasi Desa Tertib Arsip

Sementara Tutut mengatakan, bangsa yang mengelola jejak langkah peninggalan peradabannya cenderung menjadi bangsa besar, serta unggul dibandingkan bangsa lain.

“Mudah-mudahan dokumen itu bisa menjadi salah satu acuan masyarakat dalam menghadapi realitas sosial budaya yang kompleks seperti saat ini,” terang Mbak Tutut.

Baca juga :
Serahkan Arsip Transmigrasi di Aceh, Kemendes Raih Penghargaan dari ANRI

Dia juga mengajak masyarakat, khususnya generasi muda agar dapat mengambil unsur positif dari sejarah masa lalu, merajut kembali identitas kebangsaan yang luhur dengan basis kebangsaan multikultur.

()
KEYWORD :

ANRI Arsip Soeharto