https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Peristiwa Sejarah 21 Januari

| Kamis, 21/01/2021 18:04 WIB

Pada 21 Januari 2009, Senator Hillary Clinton, DN.Y., memenangkan konfirmasi Senat yang hampir bulat sebagai menteri luar negeri AS. Dia mengambil sumpah jabatan hari itu juga Pada 21 Januari 2009, Senator Hillary Clinton, DN.Y., memenangkan konfirmasi Senat yang hampir bulat sebagai menteri luar negeri AS. Dia mengambil sumpah jabatan hari itu juga. File Foto oleh Matthew Cavanaugh / UPI

Jakarta - Tanggal 21 Januari yang jatuh pada hari ke-21 dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

763 - Pertempuran Bakhamra antara dinasti Alid and Kekhalifahan Abbasiyah dekat Kufa berakhir dengan kemenangan Abbasiyah yang menentukan.

1189 - Philip II dari Perancis dan Richard I dari Inggris mulai menyiapkan pasukannya untuk menghadapi Perang Salib Ketiga.

Baca juga :
Peristiwa Sejarah 13 Oktober

1643 - Abel Tasman menjadi orang Eropa pertama yang sampai ke Tonga.

1535 - Setelah Urusan Plakat, Protestan Prancis dibakar di tiang di depan Katedral Notre Dame de Paris.

Baca juga :
Peristiwa Sejarah 26 September

1720 - Swedia dan Prusia menandatangani Perjanjian Stockholm.

1774 - Abdul Hamid I menjadi Sultan Kekaisaran Ottoman dan Khalifah Islam.

Baca juga :
Peristiwa Sejarah 24 September

1793 - Setelah didakwa bersalah dengan dakwaan pengkhianatan oleh Konvensi Nasional Perancis, Raja Louis XVI dihukum mati dengan guillotine.

1861 - Perang Saudara Amerika: Jefferson Finis Davis mengundurkan diri dari Senat AS.

1864 - Kampanye Tauranga dimulai dalam Perang Maori di Selandia Baru.

1893 - Tanah Konsensi Tati, sebelumnya bagian dari Matabeleland, secara formal dianeksasi ke dalam Protektorat Bechuanaland, sekarang Botswana.

1899 - Opel Motors memulai usahanya.

1908 - New York City mengesahkan undang-undang yang menyatakan bahwa merokok oleh wanita adalah perbuatan ilegal namun UU ini kemudian diveto sang wali kota.

1911 - Reli Monte Carlo pertama.

1919 - Pertemuan Dáil Éireann (Parlemen Irlandia) di Mansion House di Dublin. Sinn Féin mengadopsi konstitusi pertama Irlandia. Pertikaian perdana dalam Perang Kemerdekaan Irlandia di Soloheadbeg Ambush, County Tipperary.

1924 - Vladimir Lenin meninggal dan Joseph Stalin mulai menyingkirkan rival-rivalnya untuk membuka jalan bagi kepemimpinannya.

1925 - Albania menjadi sebuah republik.

1931 - Sir Isaac Isaacs dilantik sebagai Gubernur Jenderal Australia pertama yang kelahiran Australia.

1941 - Dipicu oleh pembunuhan perwira Nazi Jerman di Bucharest, Rumania, sehari sebelumnya, anggota Iron Guard terlibat dalam pemberontakan dan aksi kekerasan yang menewaskan 125 orang Yahudi.

1942 : Jepang menembak jatuh pesawat Catalina-Belanda di perairan Alalak, sungai Barito, Banjarmasin yang merupakan serangan pertama terhadap posisi militer Belanda di Kalimantan Selatan.

1948 - Bendera Quebec diresmikan dan dikibarkan pertama kalinya di depan Dewan Nasional Quebec. Saat ini diperingati setiap tahun sebagai Québec Flag Day.

1954 - Kapal selam bertenaga nuklir pertama, USS Nautilus, diluncurkan di Groton, Connecticut oleh Mamie Eisenhower, ibu negara AS saat itu.

1958 - Pesawat Fokker C.X terakhir yang masih digunakan di kemiliteran, Angkatan Udara Finlandia FK-111 menabrak menara, membunuh pilot dan operator derek.

1960 - Little Joe 1B, wahana ruang angkasa Mercury, lepas landas dari Wallops Island, Virginia dengan Miss Sam, seekor monyet betina sebagai penumpangnya.

1960 - Avianca Flight 671 jatuh dan terbakar saat mendarat di Montego Bay, Jamaika, menewaskan 37 orang. Ini adalah kecelakaan pesawat terparah di Jamaika dan yang pertama bagi Avianca.

1961 - 435 pekerja tambang terkubur hidup-hidup di dalam tambang bawah tanah yang runtuh di Coalbrook, Free State, Afrika Selatan.

1968 - Perang Vietnam: Pertempuran Khe Sanh: Salah satu pertempuran yang paling banyuak dilput di media massa dimulai.

1969 - Sebuah reaktor nuklir bawah tanah percobaan di Lucens Vad, Swiss, mengeluarkan radiasi ke sebuah gua yang kemudian harus disegel.

1976 - Penerbangan komersial pesawat Concorde pertama dengan rute London-Bahrain dan Paris-Rio de Janeiro.

1985 - Pengeboman Candi Borobudur: Candi Borobudur dibom oleh sekelompok Islam ekstremis.

1999 - Dalam sebuah penemuan narkoba terbesar dalam sejarah Amerika, pihak Patroli Laut AS mencegat sebuah kapal dengan lebih dari 9.500 pon (4.300 kg) kokain di atasnya.

2008 - Bahasa Eyak di Alaska punah seiring dengan meninggalnya penutur asli terakhir.

2016 - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan pembangunan kereta api cepat dengan tujuan relasi Jakarta - Bandung, PP dan pembangunan ini merupakan yang pertama kalinya di wilayah Asia Tenggara.

2018 - Elektron Rocket Lab menjadi roket pertama yang mencapai orbit menggunakan mesin pompa-makan listrik dan menyebarkan tiga CubeSat.

()
KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Januari