https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Kasus Bunuh Diri Jepang Capai Titik Terendah

Supianto | Sabtu, 19/01/2019 17:30 WIB

Jepang  salah satu negara termaju di dunia - masih berjuang melawan banyaknya kasus bunuh diri. Ilustrasi bunuh diri (Foto: tirto)

Tokyo - Badan Kepolisian Nasional Jepang, mengungkapkan, untuk pertama kalinya dalam berpuluh-puluh tahun jumlah kasus bunuh diri di Jepang mencapai titik terendah.

"Pada 2018 jumlah kasus bunuh diri per 100.000 orang turun menjadi 16,3, angka terendah dalan 37 tahun," ungkap badan merujuk laporan Japan Today.

Hanya saja, kata laporang itu, meningkatnya kasus bunuh diri di kalangan anak perempuan berusia 19 tahun atau lebih muda menimbulkan kekhawatiran.

Baca juga :
Iniesta Tinggalkan Vissel Kobe pada Juli

Jepang adalah salah satu negara paling maju, modern dan terkaya di dunia, tetapi sedang berjuang menghadapi populasi yang menua dan tingkat bunuh diri yang luar biasa tinggi.

Tahun 2018 adalah tahun kesembilan Jepang mengalami penurunan jumlah kasus bunuh diri, turun 3,4 persen dari tahun sebelumnya menjadi 20.598 kasus.

Baca juga :
China Geser Jepang sebagai Pengekspor Mobil Terbesar Dunia

Menurut kelompok umur, jumlah bunuh diri yang dilakukan oleh orang-orang berusia lima puluhan berada di urutan teratas pada 2018, yaitu sebanyak 3.225 kasus.

Laporan itu menunjukkan bahwa jumlah kasus bunuh diri pada 2018 turun di bawah angka 21.000 untuk pertama kalinya sejak 1981.

Baca juga :
Presiden Volodymyr Zelenskyy Tiba di Hiroshima untuk Hadiri KTT G7

Berdasarkan jenis kelamin, bunuh diri di kalangan pria turun sebanyak 701 menjadi 14.125 kasus, sementara untuk wanita jumlahnya turun sebanyak 22 menjadi 6.473 kasus.

Bunuh diri menjadi penyebab utama kematian pada pria berusia 20-44 tahun di Jepang, yang disebabkan oleh masalah pengangguran, depresi dan tekanan sosial sebagai faktor utama.

(Supianto)
KEYWORD :

Negara Kaya Kasus Bunuh Diri Jepang