https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Kirab Pemuda Bangun Potensi Generasi Muda

Herwin Wijaya | Rabu, 17/10/2018 07:01 WIB

Saat menyanyikan lagu-lagu tersebut, Ivan di sambut meriah oleh para undangan dan peserta. Tak lupa, Ia juga menyempatkan melakukan beberapa kali sesi swafoto (Selfie) dengan para undangan dan siswa-siswi yang hadir. Kirab Pemuda

Sambas - Sebanyak 34 pemuda yang tergabung dalam Kirab Pemuda dari 34 Provinsi se-Indonesia, akan dikenalkan berbagai seni dan budaya masyarakat di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalbar. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat, Natalia Karyawati di Sambas, Selasa 16 oktober 2018.

"Ada sebanyak 50 orang yang tiba di Sambas, yakni terdiri dari seluruh pemuda perwakilan 34 provinsi bersama para pendamping tersebut yang tiba di Pontianak, Senin malam (15/10) dan tiba di Sambas, Selasa pagi ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan, begitu tiba di Pontianak, rombongan Kirab Pemuda 2018, langsung bertolak ke Kabupaten Sambas untuk mengikuti beberapa rangkaian acara.
"Beberapa kegiatan akan dilakukan di Sambas termasuk melakukan kegiatan sosial bersama masyarakat Sambas," katanya.

Baca juga :
Pesan Fahri Hamzah Untuk Peserta Kirab Pemuda 2018

Ia menambahkan, semangat kepemudaan, menjadi salah satu alasan diadakannya Kirab Pemuda yang dipelopori oleh Kemenpora ini. Terkait perekrutan sendiri, dijelaskannya bahwa seluruh pemuda dapat mengikuti kegiatan ini melalui sistem online setiap tahunnya dengan syarat serta ketentuan yang telah ditetapkan Kemenpora.

"Dari beberapa pemuda yang direkrut, dua orang pemuda dan pemudi terpilih mewakili Kalbar untuk selanjutnya mengikuti pelatihan kepemudaan di Kemenpora dan selanjutnya mengunjungi 34 Provinsi yang terbagi dua zona," tambahnya.

Baca juga :
DPR Dorong Program Kirab Pemuda Kemenpora Lanjut Keliling Dunia

Natalia mengatakan, seluruh pemuda peserta kirab tersebut menginap diperumahan warga. Mereka akan melakukan kegiatan-kegiatan kepemudaan di Kabupaten Sambas hingga Jumat pagi dan akan melanjutkan perjalanan ke provinsi lainnya.

"Mereka menginap di perumahan warga sekaligus mengenal budaya Kalbar melalui warga Sambas. Selain juga mereka akan melakukan beberapa lomba, pawai dan pameran di Sambas," katanya.

Baca juga :
Warga Jaktim Bangga Gelar Puncak Kirab Pemuda 2018

Provinsi Kalbar sendiri, masuk dalam zona 1 dan merupakan provinsi ke-11 dari 17 provinsi yang akan dikunjungi peserta Kirab Pemuda.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sambas, Jepriadi mengaku bangga, Sambas menjadi titik singgah kegiatan Kirab Pemuda 2018, karena hal itu bisa dijadikan momentum menggali potensi pemuda.

"Kirab pemuda merupakan momentum yang baik bagi pembangunan potensi kepemudaan di Kabupaten Sambas karena kami didatangi sahabat sahabat muda dari seluruh Indonesia untuk saling tukar informasi terkait gerakan teman-teman pemuda di daerah masing- masing daerah," ujarnya.

Ia juga berharap agar seluruh unsur kepemudaan memanfaatkan momentum tersebut untuk berbagi informasi terkait program pembangunan pemerintah pusat.

Acaranya penyambutan nampak semakin meriah ketika Ivan, vokalis band Seventeen, menghibur para peserta dan pemuda Kambas. Ia tidak hanya hadir sebagai tamu undangan, tetapi juga ikut serta memerihakan acara. Terlebih dahulu, ia menyanyikan lagu khas Melayu sebagai lagu pembuka. Selanjutnya, ia menyanyikan salah satu lagu Hitz nya Seventeen di hadapan peserta.

Saat menyanyikan lagu-lagu tersebut, Ivan di sambut meriah oleh para undangan dan peserta. Tak lupa, Ia juga menyempatkan melakukan beberapa kali sesi swafoto (Selfie) dengan para undangan dan siswa-siswi yang hadir.

(Herwin Wijaya)
KEYWORD :

Kirab Pemuda