https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Rekaman Suara Kematian Khashoggi Dihapus Paksa

Mutiul Alim | Selasa, 16/10/2018 21:15 WIB

Menurut media lokal tersebut, Khashoggi menyalakan fungsi rekaman dari jam tangan Apple Watch yang dia kenakan, sebelum memasuki konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu. Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Istanbul – Jamal Khashoggi diduga telah merekam percakapannya di Konsulat Saudi, tepat sebelum dia dibunuh. Demikian laporan surat kabar Turki Sabah pada Selasa (16/10).

Menurut media lokal tersebut, Khashoggi menyalakan fungsi rekaman dari jam tangan Apple Watch yang dia kenakan, sebelum memasuki konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

“Interogasi, penyiksaan, dan pembunuhannya direkam dan dikirim ke ponselnya dan iCloud,” tulis koran swasta pro-pemerintah tersebut.

Baca juga :
Menang Pemilu, Erdogan Jadi Presiden Turki Tiga Periode

Sabah juga menyebut pasukan keamanan menemukan dokumen audio di dalam ponsel Khashoggi, yang dipegang oleh tunangannya.

Namun setelah memperlihatkan jam tersebut, penyerang Khashoggi mencoba membuka kunci Apple Watch dengan beberapa kata sandi, yang akhirnya menggunakan sidik jari Khashoggi secara paksa.

Baca juga :
AS dan Arab Saudi Desak Kubu yang Bertikai di Sudan Perpanjang Gencatan Senjata

“Mereka berhasil menghapus hanya beberap file,” lapor Sabah.

Dilansir dari CNN, informasi ini masih terus didalami. Pasalnya di laman web Apple, perusahaan tersebut tidak menyebut ada fitur verifikasi sidik jari pada Apple Watch. Komentar dari pejabat Saudi dan Turki pun sedang diusahakan.

Baca juga :
Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat kepada Erdogan atas Kemenangan Pemilu

Sementara analis intelijen dan keamanan CNN, Robert Baer meragukan klaim Sabah. Menurutnya, jarak antara Apple Watch dan ponsel Khashoggi terlalu jauh untuk saling terhubung melalui koneksi Bluetooth.

“Orang-orang Turki tidak percaya dengan para diplomat (Saudi), dan mereka telah masuk ke banyak kedutaan besar. Jika memang ada rekaman yang membuktikan dia dibunuh, saya pikir itu mungkin bagaimana mereka tahu,” tandas Baer.

(Mutiul Alim)
KEYWORD :

Turki Khashoggi Arab Saudi