https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Donor Darah Garda BMI Darussalam Diapresiasi Kemenkes Brunei

Mutiul Alim | Senin, 24/09/2018 23:25 WIB

Hal itu disampaikan oleh Ketua Garda BMI Darussalam Syihabuddin pada Senin (24/9). Garda BMI Darussalam

Jakarta – Kegiatan donor darah yang digelar oleh Gabungan Aliansi Rakyat Daerah untuk Buruh Migran Indonesia (Garda BMI) cabang Brunei Darussalam pada akhir pekan lalu, mendapat sambutan positif dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Brunei Darussalam. Hal itu disampaikan oleh Ketua Garda BMI Darussalam Syihabuddin pada Senin (24/9).

Syihabuddin mengatakan, pemerintah Brunei mencatat ada 16.104 orang yang melakukan donor darah di negara tersebut selama 2018. sementara total warga Brunei hanya 400.000.

“Sultan Hasanal Bolqiah masih membutuhkan banyak darah sebagai cadangan,” kata Syihabuddin kepada Jurnas.com.

Baca juga :
Bertemu HPMIG Yogyakarta, Fadel Muhammad: Mahasiswa Harus Punya Siklus Keberhasilan

Syihabuddin menuturkan, pekerja migran Indonesia (PMI) yang tergabung di bawah Garda BMI Darussalam menggelar donor darah ke-11 kalinya pada akhir pekan lalu. Kegiatan yang sudah dimulai sejak 1 April 2015 itu menjadi agenda rutin tiga bulan sekali.

Adapun donor darah kali ini, kata Syihabuddin, hanya diikuti oleh 70 PMI. Pasalnya Rumah Sakit Raja Isteri Pengiran Anak Saleha (RIPAS) Brunei Darussalam, tempat diselenggarakannya donor, bulan ini hanya menerima golongan darah O dan A saja.

Baca juga :
Gus Halim Dorong Kepemilikan Lahan Transmigran secara Komunal

“Biasanya diikuti oleh ratusan PMI,” ujarnya.

Sementara Dupervisor Blood Donation Centre Brunei Darussalam Awang Haji Matusop bin Haji Daud, mengapresiasi kegiatan Garda BMI Darussalam.

Baca juga :
Parlemen Diharapkan Jadi Bagian Solusi Hadapi Isu Kompleks ASEAN

Menurutnya, Garda BMI merupakan salah satu organisasi paling aktif mengampanyekan kegiatan donor darah dalam dua tahun terakhir di Brunei.

(Mutiul Alim)
KEYWORD :

PMI BMI Migran Brunei Darussalam