https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Kreatifood 2018 Ajang Kompetisi bagi Startup Kuliner

Eka Wahyu Pramita | Sabtu, 22/09/2018 12:06 WIB

Para pelaku ekonomi kreatif bisa menunjukkan eksistensi mereka melalui ajang Kreatifood Showcase 2018 yang akan digelar di Jakarta.  Ajang kompetisi untuk para startup kuliner di Indonesia (Foto: Bekraf)

Jakarta - Setelah Kreatifood 2018 diselenggarakan di Surabaya, Medan, Palembang, dan Yogyakarta, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyelenggarakan Kreatifood 2018 di Jakarta.

Kreatifood adalah acara yang digelar Bekraf untuk meningkatkan subsektor kuliner dengan menghubungkan perusahaan rintisan (startup) kuliner kepada kanal distribusi dan pemasaran produk serta meningkatkan kemungkinan atas terjadinya investasi dari akses permodalan non perbankan.

Kepala Subdirektorat Pasar Segmen Bisnis dan Pemerintahan, Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Deputi Bekraf Fahmi Akmal mengatakan
yang menarik dari Kreatifood, adalah salah satu syarat kurasi adalah pemilik produk harus berani berpameran di kota lainnya, berbeda dengan kota asal domisili mereka.

Baca juga :
Dulu Dirjen Guru, Kini Asyik Berbisnis Kuliner

"Hal tersebut akan membuka kesempatan masyarakat mengetahui produk yang dimilikinya," ucapnya.

Menurutnya dalam setiap acara Kreatifood Bekraf mengundang pelaku ekonomi kreatif (ekraf) kuliner untuk mengikuti kelas mini di setiap kota, seperti ilmu investasi, kesiapan memasarkan di luar negeri, dan bagaimana melakukan pengembangan kapasitas produksi.

Baca juga :
Ilmuwan Sukses Ciptakan Bakso dari Daging Mammoth, Tertarik?

Kreatifood sendiri telah diinisiasi oleh Deputi Pemasaran, Bekraf sejak akhir tahun 2016. Dengan adanya keterlibatan penuh dari pemerintah, dan bekerjasama dengan pihak swasta, maka perkembangan ekonomi kreatif akan berlangsung lebih cepat dan menginspirasi para pelaku ekonomi kreatif lainnya.

Kreatifood 2018 yang telah diselenggarakan di Surabaya, Medan, Palembang, dan Yogyakarta telah berhasil mempertemukan antara reseller/distributor dengan para anggota FoodStartup Indonesia.

Baca juga :
Kemdikbudristek: Usaha Kuliner Tumbuh Paling Cepat pasca Covid-19

Hampir seluruh peserta Kreatifood 2018 di Surabaya, Medan, Palembang, dan Yogyakarta telah berhasil memperluas pasarnya di wilayah Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DI Yogyakarta, dan sekitarnya. Selama penyelenggaraan, telah diperoleh transaksi penjualan dengan nilai lebih dari Rp550 juta.

Adapun persyaratan mendaftar yaitu harus terkurasi di dalam platform FoodStartup Indonesia, karena Kreatifood adalah program lanjutan dan pendukungan FoodStartup Indonesia pada bidang pemasaran.

Tahun ini ada 10 kota yang dijadikan lokasi pagelaran Kreatifood 2018. Jakarta sebagai kota ke-5 diharapkan akan memberikan warna berbeda dari Kreatifood yang telah dilaksanakan di Surabaya, Medan, Palembang dan Yogyakarta.

Kreatifood di Jakarta akan diadakan di Gandaria City Mall Jakarta mulai dari tanggal 21 - 23 September 2018 dengan diikuti lebih dari 50 brand peserta terpilih dari peserta FoodStartup Indonesia 2017 dan 2018. Kegiatan Kreatifood akan berlanjut ke 5 kota Indonesia lainnya yaitu : Bandung, Malang, Samarinda, Makassar, dan terakhir Denpasar.

(Eka Wahyu Pramita)
KEYWORD :

Ekonomi Kreatif Kreatifood Bekraf Kuliner Startup