https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

BPS Tak Punya Data Resmi Beras

Supianto | Kamis, 20/09/2018 18:45 WIB

BPS tidak lagi mengeluarkan data produksi beras, melainkan hanya data berupa ekspor dan impor beras. Kantor Pusat BPS (Istimewa)

Jakarta - Pemerintah ternyata tidak lagi memiliki data pangan secara resmi setelah Badan Pusat Statistik (BPS) berhenti merilis data pangan sejak 2015 silam.

Begitu kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti singkat kepada jurnas.com melalui WhatsApp, Kamis (20/9).

Sejak saat itu, kata Yunita, BPS tidak lagi mengeluarkan data produksi beras, melainkan hanya data berupa ekspor dan impor beras.

Baca juga :
Bulog Sudah Serap 500 Ton Beras Petani dalam Negeri

"BPS hingga sekarang belum mengeluarkan lagi data produksi beras," tegas Yunita.

"Dari sisi supply (produksi) BPS masih dalam proses perbaikan. Metodologi pengumpulan data yang baru rencananya Oktober akan dirilis," sambungnya.

Baca juga :
Mensos Risma: Pegawai Terkait Korupsi Bansos Beras Sudah Dimutasi

Dikabarkan BPS tengah menyiapkan metode penelitian baru, terkait data pangan BPS yang selama ini dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Data itu menggunakan metode pengumpulan data, yakni Kerangka Sampel Area (KSA).

Metode ini sudah diujicobakan dan diterapkan sejak tahun 2016 di Garut dan Indramayu, dan keseluruhan pulau Jawa pada 2017, kecuali DKI Jakarta.

Baca juga :
DPR Pertanyakan Rencana Badan Pangan Nasional Impor Beras
(Supianto)
KEYWORD :

BPS beras impor