https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Fahri Luncurkan Buku: Mengapa Indonesia Belum Sejahtera

Marlen Sitompul | Selasa, 07/08/2018 17:12 WIB

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mekuncurkan sebuah buku berjudul Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah luncurkan buku berjudul Mengapa Indonesia belum Sejahtera?

Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mekuncurkan sebuah buku berjudul "Mengapa Indonesia Belum Sejahtera?". Ide awal buku tersebut muncul dari kegelisahan sejak lama terhadap situasi dan kondisi bangsa saat ini.

Demikian disampaikan Fahri, saat peluncuran buku, di Ruang Abdul Muis, Gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/8). Menurutnya, buku tersebut menjawab kegelisahan atas situasi dan kondisi kesejahteraan rakyat saat ini.

"Pada tahun ke-4 sebagai Wakil Ketua DPR yang membidangi kesejahteraan rakyat, saya perlu meninggalkan warisan tentang tugas yang saya jalani, dan ini baru buku pertama dari beberapa buku berikutnya dengan tema sama," kata Fahri.

Baca juga :
Menangi Pilpres Turki, Fahri Hamzah Ingin Presiden Indonesia Terpilih di 2024 Mirip Erdogan
Kata Fahri, buku "Mengapa Indonesia Belum Sejahtera" itu berisi kritik atas perhitungan pertumbuhan ekonomi (Gross Domestic Bruto) yang selama ini disalahpahami sebagai alat ukur kesejahteraan dan kritik atas pengukuran kemiskinan yang diterapkan di Indonesia.

"Apa yang kita lihat di masyarakat, kemiskinan, pengangguran, rendahnya pendidikan adalah kontras dari megahnya indikator-indikator ekonomi yang kita punya," terang Fahri.

Baca juga :
Jabatan Pimpinan KPK Diperpanjang Jadi 5 Tahun, Begini Komentar Fahri Hamzah
Dalam acara peluncuran itu, buku dibedah oleh ekonom Fuad Bawazier, Guru Besar IPB Rokhmin Dahuri dan Tenaga Ahli Kesra DPR RI Gianto. Dalam diskusi yang dimoderatori Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay terungkap bahwa terdapat kesalahan umum dalam memandang dan memahami persoalan kemiskinan di Indonesia.

Diantaranya soal garis batas kemiskinan yang labil dan sangat memungkinkan pemerintah melakukan "lying by statistics" atau pembohongan publik melalui data statistik.

Baca juga :
Prof Sudarnoto Luncurkan Buku Perjalanan Politik Malaysia
Diketahui, Fahri Hamzah telah menulis empat judul buku sebelumnya yang berhubungan dengan fungsi dan tugasnya saat itu ketika menjabat posisi di berbagai komisi. Tercatat buku sebelumnya berjudul "Negara, Pasar dan Rakyat", “Demokrasi, Transisi Korupsi", "Negara, BUMN dan Kesejahteraan Rakyat", dan "Kemana Ujung Century".

(Marlen Sitompul)
KEYWORD :

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah Peluncuran Buku