https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Forum Anak Nasional Beri Ruang Anak Berbagi Pengalaman

Eka Wahyu Pramita | Senin, 23/07/2018 13:04 WIB

Melalui pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) 2018 memberi kesempatan untuk bersuara dan bertemu anak-anak dari seluruh pelosok Nusantara. Kopi

Surabaya - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise hari ini resmi menutup Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) 2018 yang telah berlangsung sejak 18 Juli lalu di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Atas nama pemerintah Indonesia Yohana  mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh pihak yang telah aktif mengambil inisiatif dan berkontribusi demi kemajuan anak-anak Indonesia.

"Saya yakin selama lima hari bersama-sama, banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kalian dapatkan, baik dari para narasumber maupun teman-teman yang hadir dari seluruh Indonesia. Saya berharap setelah kalian kembali ke daerah masing-masing, jadilah Pelopor dan Pelapor atas berbagai permasalahan yang kalian lihat dan temukan. Jadilah motivator, fasilitator, inovator, dan kreator demi kemajuan anak-anak Indonesia,” harap Yohana.

Baca juga :
Ini Alasan Jamu Herbal Indonesia Diminati Arab Saudi
Salah satu peserta Forum Anak Nasional 2018 dari Prov.Maluku, Marsya Pelamonia mengatakan bahwa Pertemuan FAN 2018  memberinya kesempatan untuk bersuara dan bertemu anak-anak dari seluruh pelosok Nusantara.

“Pertemuan ini merupakan pengalaman yang baru dan luar biasa bagi saya. Saya bisa mengenal teman-teman dari seluruh daerah di Indonesia,dan kami dipersatukan disini atas nama Indonesia," ujarnya

Baca juga :
KIB Berpeluang Bubar? Legislator PPP: Nanti Kita Lihat
Marsya sangat berterima kasih berkat  Pertemuan FAN 2018, karena iamerasa suara dari anak-anak seluruh Indonesia,khususnya Prov.Maluku didengar oleh Pemeritah.

"Saya percaya suara-suara kami akan direalisasikan oleh pihak Pemerintah. Saya juga optimis kedepannya hak-hak anak Indonesia terpenuhi," ujar Marsya.

Baca juga :
Prof Sudarnoto Luncurkan Buku Perjalanan Politik Malaysia
Dalam upaya mengimplementasikan tema “Bakti Anak Untuk Negeri”, peserta FAN telah mengikuti berbagai kegiatan, diantaranya pembekalan informasi, pengetahuan, pengalaman, dan diskusi mencari solusi permasalahan terkait isu-isu pemenuhan hak dan perlindungan anak oleh narasumber dari berbagai Kementerian/Lembaga, organisasi, dan NGO.
 
Selain itu bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada anak-anak yang kurang mampu dan kurang beruntung agar mereka belajar berbagi untuk mewujudkan kebhinekaan dalam persatuan; dan fun games berupa outbond agar terwujud rasa persaudaraan, kebersamaan, dan rasa senasib sepenanggungan meski berasal dari daerah yang berbeda-beda.

Sementara itu, bagi para pendamping yang telah mendapatkan pembekalan mengenai program-program terkait perlindungan anak, Yohana berharap dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan di daerah masing-masing.

Saya ingin anak-anak Indonesia dapat dihargai pandangannya, didengarkan pendapatnya, dan dilibatkan untuk memperoleh pemahaman dalam penyusunan perencanaan pembangunan sehingga kebutuhan tumbuh kembang dan perlindungan anak dapat dipenuhi oleh masing-masing pemerintah daerah. Pada akhirnya, ini akan menjadi bekal daerah untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA),” ucap Yohana.

Hingga saat ini telah terbentuk 34 Forum Anak Provinsi, 418 Forum Anak Kabupaten dan Kota, 841 Forum Anak Kecamatan, dan 1.080 Forum Anak Desa dan Kelurahan. Forum Anak ini diharapkan dapat menjadi wadah partisipasi dan menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan anak-anak dan sesama anak-anak antar wilayah dalam proses pembangunan.

(Eka Wahyu Pramita)
KEYWORD :

Anak Forum Anak Nasional Indonesia