https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Kemendes dan JMI akan Gelar Festival Embung Ramadan

Rizki Ramadhan | Sabtu, 14/04/2018 12:50 WIB

Embung merupakan salah satu prioritas pembangunan dana desa tahun 2018 yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan air pada lahan pertanian di desa Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menerima kunjungan pengurus JMI di Gedung Kemendes PDTT, Jumat (13/4).

Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) akan bekerjasama menggelar festival embung ramadan. Rencananya, kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Embung Kampung Kronjo, Tangerang, Banten.

"Ada ribuan embung di desa-desa yang pembangunannya menggunakan dana desa. Selain untuk mengairi lahan pertanian, embung-embung ini juga menjadi tempat wisata memancing," ujar Mendes, Eko Putro Sandjojo saat menerima kunjungan dari pengurus JMI di Kantor Kemendes PDTT, Jumat (13/4).

Embung merupakan salah satu prioritas pembangunan dana desa tahun 2018 yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan air pada lahan pertanian di desa. Selain embung, tiga prioritas pembangunan dari dana desa lainnya yakni Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan Sarana Olahraga Desa.

Baca juga :
Gus Halim Apresiasi Kesuksesan Limapuluh Kota Tuntaskan Transformasi UPK Eks PNPM Mandiri

Ketua Umum JMI, Folber Siallagan mengatakan, festival embung ramadan yang akan diselenggarakan tersebut terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yakni bakti sosial ramadan dengan memberikan santunan kepada anak yatim, mengadakan pasar murah, lomba memancing, buka puasa bersama dengan menu utama ikan, dan safari ramadan Kemendes PDTT.

"Kita ingin ramadan ini bikin live mancing di lima titik embung. Tapi ya karena berat, kita buat satu ini dulu," ujarnya.

Baca juga :
Gus Muhaimin: BUMDesa Jadi Pintu Masuk Pembangunan

Diselenggrakannya festival embung ramadan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan embung di desa-desa. Selanjutnya, kegiatan tersebut juga menjadi upaya agar Kemendes PDTT lebih dekat dan menyatu dengan masyarakat desa.

"Ketiga bisa digabungkan dengan safari ramadan," ujarnya

Baca juga :
Inovasi UMKM Sistem Komunal, Gus Halim: Harus Diviralkan!
(Rizki Ramadhan)
KEYWORD :

Info Kemendes BUMDes JMI Eko Putro Sandjojo