https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Buah Ini Bisa Bantu Perbaiki Paru-Paru Mantan Perokok

| Jum'at, 22/12/2017 09:30 WIB

Penelitian selama satu dekade terhadap 650 orang dewasa Inggris dan Eropa menunjukkan bahwa diet tinggi tomat dan buah-buahan, khususnya apel Apel dan Tomat (Foto: UPi)

Jakarta - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah apel dan tomat dapat membantu mantan perokok untuk memperbaiki paru-paru sepenuhnya rusak akibat kebiasaan tersebut. 

Penelitian selama satu dekade terhadap 650 orang dewasa Inggris dan Eropa menunjukkan bahwa diet tinggi tomat dan buah-buahan, khususnya apel, dapat mempercepat penyembuhan paru-paru yang rusak akibat asap rokok.

Menurut periset dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg di Baltimore, penelitian tersebut juga menemukan bahwa manfaat itu tidak hanya terbatas pada mantan perokok.

Baca juga :
Anggota DPR Dorong Percepatan Penerapan Pembayaran Tol Tanpa Kartu

"Ini juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya buah dapat memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda belum pernah merokok," kata penulis utama Vanessa Garcia-Larsen, asisten profesor kesehatan internasional.

Studi ini melibatkan lebih dari 650 orang dewasa di Jerman, Norwegia dan Inggris yang menjalani diet serta fungsi paru-paru sejak 2002 lalu.

Baca juga :
Kapolri Perintahkan Tingkatkan Patroli di Jam Rawan Masa Lebaran

Penelitian ini tidak dirancang untuk membuktikan sebab dan akibat. Namun, orang yang makan rata-rata lebih dari dua tomat atau lebih dari tiga porsi buah segar setiap hari, terutama apel, memiliki penurunan fungsi paru yang lebih lambat dibandingkan mereka yang makan kurang dari satu tomat atau kurang dari satu porsi buah per hari.

Hubungan antara diet dan penurunan fungsi paru yang lebih lambat ini bahkan lebih mencolok di antara mantan perokok, menunjukkan bahwa nutrisi pada tomat dan buah segar dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh merokok.

Baca juga :
Kata Sri Mulyani Automatic Adjustment Tak Ganggu Anggaran Prioritas

"Temuan ini mendukung kebutuhan akan rekomendasi diet, terutama bagi orang-orang yang memiliki riwayat merokok berisiko terkena penyakit pernafasan seperti PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik," kata Garcia-Larsen dilansir UPI.

()
KEYWORD :

Tips Kesehatan Perokok Tomat Apel