pencarian berita:
Jurnal Nasional - Kamis, 15 Agustus 2013 halaman 9
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Nikah Lagi, PNS Dipecat
Balikpapan | Kamis, 15 Agustus 2013
Yanuar Jatnika

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Balikpapan memecat sebanayak tiga pegawai negeri sipil (PNS) yang ketahuan melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 tentang Ijin Menikah bagi PNS.

"Terbanyak memang kena PP 10 itu, nikah tanpa ijin, ada juga yang terbukti korupsi, ada empat PNS semuanya," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan, Tatang Sudirja, kepada Jurnal Nasional, Rabu (14/8).

Selain itu, kata Tatang, pihaknya juga kini sedang menunggu banding seorang PNS, karena ketahuan menikah lagi. "Sudah ada putusan sebenarnya, tapi yang bersangkutan masih banding administratif, dia kan punya hak juga untuk banding, jadi kita menunggu hasil dari banding itu, tentunya banyak faktor juga sih yang menentukan," ujarnya.

Menurutnya, sebenarnya para PNS itu sudah paham, berdasarkan ketentuan, PNS tidak boleh menikah kembali tanpa ijin langsung dari Wali Kota.

"Mereka (PNS) sebenarnya sudah tahu, cuma namanya laki-laki, Nikah Lagi. Meski ada ijin yang kuat dari istri pertama, juga tidak bisa, harus ada alasan yang kuat. Harus ada ijin wali kota dulu baru boleh menikah, kalau tanpa ijin wali kota pasti dipecat," imbuhnya.

Meski, kata dia, istri pertama telah memberi restu, tetapi tetap saja harus mendapat ijin dari Wali Kota.

"Walaupun istrinya mengijinkan, tetap harus ijin wali kota dulu. Siapa tahu istrinya di intimidasi kan bisa saja, sekarang ini kan pintar alasan nanti kan macam-macam namanya juga laki-laki," bebernya.

Begitu juga kalau ingin cerai, prosesnya sangat panjang bukan hanya harus ada ijin dari Wali Kota, tapi juga harus ada rekomendasi dari Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4), selanjutnya dikaji oleh tim yang dibentuk Pemkot.

"Ada rekomendasi BP4 apa, kita bentuk tim, tim kemudian merumuskan, kemudian hasilnya kita sampaikan ke wali Kota bahwa ini rumah tangganya tidak bisa dipertahankan, karena alasan 1,2,3,4 dan sebagainya, maka sudah sewajarnya yang bersangkutan diberikan ijin cerai," ujarnya.

Proses perceraian tersebut, kata dia, paling sedkit memakan waktu setengah tahun. "Memang tidak bisa cepat, ada tahapan-tahapan dan proses yang harus dilalui, paling cepat itu enam bulan," tukasnya. Teddy Rumengan

close
Banjarmasin

Pertumbuhan ekonomi Kalsel sebesar 13,92 persen Pada triwulan kedua tahun 2013

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana