pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 06 Oktober 2012 halaman 9
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Usia Produktif Menguntungkan Perekonomian
Jakarta | Sabtu, 06 Oktober 2012
Wahyu Utomo

WAKIL Menteri Keuangan, Mahendra Siregar mengatakan Indonesia saat ini memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang besar hingga 30 tahun ke depan yakni tingginya tingkat usia produktif.

"Indonesia akan memiliki itu (keuntungan usia produktif) sampai 2040. Negara maju sudah masuk aging society di mana penduduk usia 60 tahun mencapai 15 hingga 20 persen, di Jepang saja aging society-nya sudah mendekati 20 persen, Amerika Serikat sekitar 15-20 persen," katanya saat membuka Indonesia Financial Exhibition & Forum di Jakarta Convention Center (JCC), kemarin.

Dia menjelaskan tingginya angka usia produktif di Indonesia merupakan keunggulan tersendiri diantara negara-negara lain. Hal ini dikarekan angka usia produktif yang tinggi dapat membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurutnya tingkat usia produktif di Indonesia ternyata didominasi oleh penduduk kelas menengah yang jumlahnya sekitar 45 juta orang yang didefinisikan masuk dalam kelompok kelas menengah.

"Penelitian Bank Dunia menyebutkan bahwa sebanyak 55 persen penduduk Indonesia membelanjakan uangnya pada kisaran US$2 hingga US$22 per hari. Ada 45 juta orang masuk dalam kelompok kelas menengah, dari 45 juta saja sudah bisa mendorong pertumbuhan diatas enam persen di tengah krisis global, bayangkan jika bisa lebih dari itu," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana menilai salah satu faktor pendorong tingginya angka pertumbuhan nasional adalah kekuatan tenaga kerja muda produktif yang diharapkan mampu berperan dalam perkembangan pereknomian nasional.

Menurut Armida, penduduk usia muda dan produktif yang berusia 15-25 tahun membuka peluang Indonesia dapat lebih tinggi lagi menggenjot tingkat pertumbuhan ekonomi. Pengembangan SDM termasuk satu dari tiga pilar yang akan dikembangkan dalam Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011 - 2025. "Berikutnya bagaimana meningkatkan daya saing SDM," katanya menegaskan.

close
Jakarta

Pemerintah terus memonitor dan menjaga agar perekonomian terhindar dari overheating.

copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana