pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 12 Mei 2012 halaman 9
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Motivatior Genre Cegah Perilaku Seks Pranikah
Jakarta | Sabtu, 12 Mei 2012
Vien Dimyati

Perilaku seks pranikah atau perilaku seks bebas remaja semakin meningkat. Berdasarkan survei kesehatan reproduksi remaja Indonesia (SKKRI), dengan responden remaja berusia 15-24 tahun, diketahui bahwa satu persen remaja perempuan dan enam persen remaja laki-laki pernah melakukan hubungan seksual pranikah.

Melihat kondisi demikian maka Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merespon permasalahan remaja melalui pengembangan program Generasi Berencana (Genre) guna meminimalisasi perlaku remaja yang semakin memprihatinkan.

"Kami merespons dengan melakukan dua pendekatan yakni pendekatan kepada remaja melalui pengembangan Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) dan pendekatan kepada orang tua melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR)," kata Sugiri di Jakarta, Kamis malam (10/5).

Sugiri menjelaskan, perilaku penyimpangan seks bebas di kalangan remaja semakin meningkat, baik di perkotaan maupun di perdesaan. Dengan perilaku tersebut tentunya risiko-risiko seksual bisa menjangkiti remaja ini.

"Risiko hamil juga akan terjadi sehingga menyebabkan remaja melakukan aborsi. Seperti diketahui angka aborsi di Indonesia menunjukkan peningkatan. Terdapat 2-2,6 juta kasus aborsi dalam setahun atau 43 aborsi untuk setiap 100 kehamilan, serta 53 persen terjadi di perkotaan," kata Sugiri seraya menambahkan ada sebanyak 30 persen di antara kasus aborsi dilakukan oleh penduduk usia 15-24 tahun.

Segala cara dilakukan oleh BKKBN untuk meminimalisasi kasus ini. Melalui motivator dari kalangan mahasiswa untuk mahasiswa dan remaja, BKKBN menyiapkan figure motivator melalui duta mahasiswa Genre. Sebanyak 64 mahasiswa dari 32 provinsi di Indonesia terpilih untuk diseleksi menjadi Duta Mahasiswa GenRe. Mereka bersaing memperebutkan Piala Ibu Negara Ani Yudhoyono sebagai Duta Mahasiswa GenRe 2012.

Pada malam Penganugerahan Pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana Tingkat Nasional 2012 di Hotel Kartika Chandra, Kamis (10/5), terpilih putra dan putri Indonesia yang menjadi Duta Mahasiswa Genre 2012 adalah perwakilan dari Provinsi Bali, Ni Putu Asteria Yuniarti dan perwakilan dari Kalimantan Selatan, Sauqi Maulana.

"Kami harap para duta mahasiswa Genre ini mampu menyosialisasikan program generasi berencana kepada mahasiswa lainnya di lingkungan kampus dan juga kepada remaja lainnya," kata Sugiri.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana