pencarian berita:
Jurnal Nasional - Rabu, 02 Mei 2012 halaman 9
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Perilaku Seks Remaja Memprihatinkan
Jakarta | Rabu, 02 Mei 2012
Vien Dimyati

Perilaku seksual yang tidak sehat di kalangan remaja Indonesia, khususnya yang belum menikah makin memprihatinkan. Banyak di antara mereka melakukan hubungan seksual dan jumlahnya cenderung meningkat.

Hal tersebut terlihat dari survei kesehatan reproduksi remaja Indonesia (SKKRI) dengan responden remaja berusia 15-24 tahun, diketahui bahwa satu persen remaja perempuan dan enam persen remaja laki-laki pernah melakukan hubungan seksual pra nikah.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sugiri Syarief mengatakan melihat kondisi seperti ini perlu ada edukasi kepada remaja untuk menghindar dari perilaku tidak sehat seperti ini.

"Maka itu kami perlu meluncurkan GenRe (Generasi Berencana). Genre berfungi untuk memberi pemahaman kepada para remaja, agar memiliki rencana matang tentang masa depannya," kata Sugiri dalam peluncuran program GenRe di SMA Negeri 36 Jakarta, Selasa (1/5).

Dalam peluncuran Genre to School ini BKKBN bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini ditujukan untuk generasi muda agar memiliki rencana matang dalam meniti masa depannya. "Program GenRe dilaksanakan berkaitan dengan bidang kehidupan yang kelima dari transisi kehidupan remaja, yakni mempraktikkan hidup secara sehat," kata Sugiri.

Program yang ditujukan kepada remaja dan mahasiswa ini diwadahi dalam PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja/Mahasiswa dan keluarga yang memiliki remaja melalui wadah Bina Keluarga Remaja (BKR).

"PIK Remaja/Mahasiswa adalah salah satu wadah yang dikembangkan dalam program GenRe, yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja atau mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan usia perkawinan, delapan fungsi keluarga, dan keterampilan hidup," kata Sugiri.

Sugiri berharap program GenRe dapat dipahami oleh remaja. Dengan pemahaman ini tentunya remaja akan semakin paham dengan perilaku seksualitas yang tidak sehat. "Remaja juga tidak menjadi korban dari seks bebas, HIV dan AIDS, serta napza," kata Sugiri.

Selain di SMA Negeri 36 Jakarta, peluncuran GenRe juga akan dilakukan melalui roadshow di beberapa sekolah lain, yakni SMA Negeri 11 Bekasi Jawa Barat, SMA Negeri 8 Malang Jawa Timur, SMA Negeri Swadhipa Natar Lampung Selatan. Kampanye juga dilakukan di SMA Negeri 7 Binjai Sumatera Utara, SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri PAN Samarinda, SMA Kosgoro Tomohon Sulawesi Utara, SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau, danSMA Negeri 1 Pringgasela Lombok Timur.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana