pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 18 Februari 2012 halaman 9
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Angkat Kearifan Lokal
Jakarta | Sabtu, 18 Februari 2012
Wahyu Utomo

MENTERI Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, mengatakan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat adat di Indonesia harus diangkat dan dilindungi. "Kami mencoba mengangkat kearifan lokal serta hak-hak ulayat masyarakat untuk mengelola keragaman hayati agar memberi manfaat yang lebih baik kepada masyarakat," kata Kambuaya seusai pembukaan Diskusi Kertas Posisi Pengetahuan Tradisional sebagai Bagian Kearifan Lokal dari Masyarakat Hukum Adat yang Terkait Dengan Sumber Daya Genetik dalam Protokol Nagoya di Jakarta, Jumat (17/2).

Kambuaya mengatakan selama ini telah banyak eksploitasi sumber daya alam namun masyarakat pemilik kekayaan hayati tidak mendapat manfaatnya secara maksimal. Pentingnya protokol Nagoya adalah untuk memperjuangkan masyarakat melindungi hak ulayat dan kearifan lokal. "Pembangunan ekonomi boleh jalan, tetapi masyarakat dan lingkungan harus tetap lestari," kata Kambuaya sembari menambahkan pihaknya telah meratifikasi protokol tersebut dan mengharapkan ada perlindungan yang lebih baik terutama sebagai pemilik hak ulayat.

Terkait lahirnya Undang-Undang Nomor 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kambuaya mengaku perlu adanya pengembangan kebijakan pengelolaan pengetahuan tradisional terkait sumber daya genetik. Pengelolaan tersebut, menurut Kambuaya, amat terkait kepada kearifan lokal yang berlaku di masing-masing daerah untuk menjaganya agar tetap tidak punah.

Kebijakan tersebut sangat dibutuhkan terlebih dengan adanya pengadopsian Protokol Nagoya pada pertemuan COP X di Nagoya Oktober 2010. Hal itu memiliki tujuan untuk melindungi pengetahuan tradisional, mengendalikan pemanfaatan pengetahuan tradisional, menjamin pemenuhan hak masyarakat dan menjadi dasar kebijakan perlindungan dan pengelolaan pengetahuan tradisional yang dapat digunakan sebagai pengembangan kebijakan publik baik di tingkat internasional, nasional, maupun daerah.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana