pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 04 Februari 2012 halaman 9
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Daftar Tunggu Haji Tangerang Membeludak
Tangerang | Sabtu, 04 Februari 2012

Daftar tunggu menunaikan ibadah haji di Kantor Agama Tangerang mengalami peningkatan drastis. Awal tahun 2012, tercatat ribuan calon jamaah haji yang telah mendaftar dan akan diberangkatkan tujuh tahun mendatang atau tahun 2019.

"Dalam satu hari saja, sekitar 150-200 orang calon jamaah haji yang mendaftar. Daftar tunggu calon jamaah haji di Tangerang sangat membeludak," kata Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Tangerang, Agus Salim kepada Jurnal Nasional, Jumat (3/2).

Agus mengatakan, sampai pertengahan Januari 2012, diperkirakan sekitar 2.000 sampai 3.000 calon jamaah haji yang sudah mendaftar. Ribuan jamaah haji itu harus menunggu pemberangkatan selama tujuh atau delapan tahun ke depan. Ini dikarenakan kuota haji di delapan wilayah di Provinsi Banten, dibatasi.

Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang cuma mendapatkan kuota tiga ribu jamaah haji setiap tahun. Sebab, Tangerang yang merupakan wilayah dari Provinsi Banten. Banten mendapatkan kuota setiap tahun 8.500 calon jamaah haji.

"Cukup tinggi daftar tunggu jamaah haji di Tangerang. Diperkirakaan sudah ribuan calon jamaah haji yang mendaftar tahun ini akan menunggu diberangkatkan tahun 2019," kata Agus.

Meski lama menunggu, Kantor Agama Kabupaten Tangerang, akan menyeleksi calon jamaah haji yang usianya lebih tua untuk lebih didahulukan menunaikan ibadah haji. "Calon jamaah haji yang usianya 75 sampai 80 tahun kami utamakan," ujar Agus.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana