pencarian berita:
Jurnal Nasional - Sabtu, 21 Januari 2012 halaman 9
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Palu Tuan Rumah Jambore Nasional Pemuda 2012
Jakarta | Sabtu, 21 Januari 2012
Ahmad Muhajir

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar Jambore Pemuda Indonesia 2012 di Palu, Sulawesi Tengah, awal Juni mendatang. Kegiatan ini akan diikuti oleh perwakilan pemuda dari berbagai elemen yang berasal dari 33 Provinsi di Tanah Air.

"Jambore Pemuda ini akan berlangsung selama sepekan. Tahun ini kami memang akan menggelar beberapa kegiatan ingin merekatkan hubungan antarpemuda dari berbagai kalangan," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Alfitra Salam usai acara Coffee Morning bersama wartawan di Media Center Kemenpora Jakarta, Jumat (20/1).

Jambore Pemuda ini akan diisi di antaranya dengan pertunjukkan kesenian pemuda masing-masing daerah. Melalui ajang ini, para pemuda bisa saling tukar pengalaman dan kebudayaan. Kegiatan ini direncanakan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alifian Mallarangeng. Tahun lalu, kegiatan ini digelar di Malang, Jawa Timur.

Selain Jambore Pemuda, lanjut Alfitra, kegiatan lain yang digelar oleh Kemenpora adalah Sail Morotai yang akan dilaksanakan selama 23 hari mulai akhir Agustus. Kegiatan pelayaran ini akan diikuti sebanyak 400 peserta.

Menggunakan kapal perang Makassar, Sail Morotai akan dimulai dari Jakarta, melewati Alor, Raja Ampat, Ternate hingga Pulau Morotai (Maluku). "Kegiatan ini digelar agar pemuda mengenal lebih banyak potensi bahari Nusantara," jelas Alfitra.

Alfitra menegaskan, semua elemen pemuda akan dilibatkan dalam kegiatan kepemudaan tersebut. Baik dari kalangan mahasiswa, pesantren dan lain-lain. Termasuk partisipasi dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang kini sudah bersatu kembali.

Beberapa tahun terakhir, peran KNPI memang redup menyusul adanya dualisme kepemimpinan di organisasi induk pemuda Indonesia itu. Sekarang ini KNPI sudah bersatu kembali dengan memilih Taufan Rotorasiko sebagai Ketua Umum pada Kongres KNPI XIII di Jakarta, Oktober tahun lalu.

close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana