pencarian berita:
Jurnal Nasional - Selasa, 23 April 2013 halaman 8
 
Alamat
Pilih halaman:
Date:
Cls
Semangat Caleg DPRD DKI: JAKARTA HARUS BERUBAH
 | Selasa, 23 April 2013
Fauzan Hilal

Fauzan Hilal

Jakarta Jurnal Nasional

PARTAI Politik (Parpol) yang lolos verifikasi mengklaim semua calon legislatif DPRD DKI Jakarta yang didaftarkan mampu mengubah kondisi Ibu Kota menjadi lebih baik. Dengan modal caleg muda, mereka berambisi merebut hati rakyat.

Ketua DPW PPP Jakarta Lulung Lunggana mengatakan, caleg yang didaftarkan PPP sudah lolos verifikasi partai dan sudah membuat perjanjian tidak akan melakukan korupsi dan gratifikasi serta bekerja sungguh-sungguh demi kepentingan rakyat Jakarta.

“Modal kami adalah melakukan perubahan dengan dukungan ulama. Generasi muda yang kami miliki akan membawa Jakarta ke arah kondisi yang lebih baik,‘ kata Lulung saat menyerahkan daftar calon sementara (DCS) legislatif DPRD DKI, Senin (22/4).

Menurutnya, keterwakilan 30 persen perempuan dalam daftar caleg akan memberikan angin segar bersama 70 pesen kader muda yang berprestasi. “Gelora pemuda ini harus disalurkan dengan pola pemikiran yang luar biasa,‘ ujarnya.

Lulung optimistis menjadi juara dalam Pemilu 2012 dengan perolehan suara 25 persen. Untuk meraih kemenangan di Pemilu 2014, bagi PPP bukan hal yang tidak mungkin. Karena, PPP penah jaya di Jakarta pada Pemilu 1977.

Menurut Lulung, tugas berat saat ini adalah bagaimana mengembalikan kepercayaan umat terhadap partainya. Dia telah membuat program utama partai dengan menginstruksikan seluruh elemen PPP untuk kembali memuliakan ulama.

Perubahan Jakarta

Sementara itu, Sekretaris DPW Partai Nasional Demokrat DKI Inggard Joshua mengatakan, sebagai partai baru pihaknya optimistis menang dan memperoleh jumlah suara terbanyak. Karena, warga Jakarta menginginkan perubahan yang signifikan bagi Kota Jakarta. “Selama ini pemerintah daerah terlihat selalu berada dalam status quo atau tidak ada perubahan apa pun,‘ katanya.

Inggard mengklaim memiliki strategi untuk mengusung perubahan bagi Jakarta. Sebab, banyak yang menginginkan perubahan. “Untuk menghasilkan perubahan, kami memberikan caleg yang terbaik, mau kerja keras, dan terbuka,‘ ujarnya.

Dalam pendaftaran calon legislatif (caleg), Partai Nasdem DKI Jakarta menyalonkan 106 calegnya. Komposisinya, 60 persen caleg berasal dari struktur partai, 20 persen diambil dari badan atau sayap Partai Nasdem, dan 20 persen dari kalangan masyarakat.

Nasdem menargetkan 20 kursi DPRD DKI dari 106 kursi anggota dewan yang diperebutkan, April 2014 mendatang. “Dari 106 caleg, 35 persen adalah caleg perempuan, dan 65 persen caleg pria. Mereka disaring dari 500 orang yang mendaftarkan diri sebagai caleg. Latar belakang pendidikan caleg, sekitar 60 persen lulusan sarjana,‘ katanya.

Ketua DPD DKI Partai Demokrat Nachrowi Ramli pun potimistis partainya mampu menjadi tiga besar di DKI Jakarta. Dari 106 caleg, 65 persen diisi pria dan 35 persen perempuan. Sebanyak 90 persen disisi oleh incumbent. Sisanya, 10 persen, merupakan kader. “Mereka hasil seleksi 200 orang yang mendaftarkan diri. Sebanyak 106 caleg ini merupakan yang terbaik dan terpilih,‘ kata Nachrowi.

Untuk target Pemilu Legislatif 2014, Nachrowi tidak mau takabur. Dia belajar dari pengalamannya sendiri saat mengikuti Pemilu Kepala Daerah 2012. “Paling tidak, sekitar 50 persen suara pemilih didapatkan untuk partainya. Paling tidak, kita masuk tiga besar. Kecuali Tuhan menghendaki, kita meraih posisi pertama,‘ katanya. n


close
copyright © 2011 PT. Media Nusa Pradana